Awas Kenali Batuk Karena Pneumonia

forumriau.com 28.7.17
forumriau.com
Jumat, 28 Juli 2017
Pneumonia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan adanya infeksi dari satu atau kedua paru-paru yang biasanya disebabkan bakteri dan virus.

Gejalanya menimbulkan sejumlah reaksi yang mirip dengan gejala pilek. Dimana dimulai dengan demam dan batuk, serta diikuti gejala lainnya seperti pernapasan yang pendek, berkeringat, nyeri dada, dahak seperti berkarat dan menggigil.

Pneumonia biasa diderita oleh bayi, anak-anak, orang tua usia 65 tahun, dan orang-orang dengan masalah kesehatan yang membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur.

Penyebab
Umumnya, Pneumonia berasal dari bakteri dan virus di udara yang dihirup. Tubuh Anda biasanya akan mencegah kuman yang menginfeksi paru-paru.

Tapi terkadang kuman-kuman tersebut bisa mengalahkan sistem kekebalan tubuh Anda, bahkan jika kesehatan dalam keadaan baik sekalipun.

Gejala
1.Demam, berkeringat dan menggigil
2.Temperatur tubuh lebih rendah dari suhu tubuh normal pada orang yang lebih dari 65 tahun, dan pada orang yang memiliki kesehatan buruk atau sistem kekebalan lemah
3.Batuk berdahak atau nanah (mengeluarkan cairan lengket)
4.Nyeri di dada ketika bernapas saat batuk
5.Sesak napas
6.Kelelahan dan nyeri otot
7.Mual, muntah atau diare
8.Sakit kepala

Pada bayi, tidak terlihat tanda-tanda infeksi. Tapi bayi akan muntah, demam dan batuk atau terlihat lelah dan kesulitan bernapas. Pada orang dewasa akan terjadi perubahan kesadaran mental secara tiba-tiba

Pengobatan
Pengobatan pneumonia tergantung pada tingkat keparahan, umur, dan kesehatan keseluruhan. Berikut pilihan obat yang bisa dikonsumsi:

Antibiotik, untuk mengobati bakteri pneumonia dan membutuhkan waktu untuk mengidentifikasi tipe dari bakteri.

Obat antivirus, untuk menangani virus pneumonia dan akan membaik dalam 1-3 minggu.
Obat penurun demam, seperti aspirin atau ibuprofen.

Obat batuk, untuk menenangkan batuk karena batuk akan menolong pengurangan dan perpindahan cairan dari paru-paru Anda.

Pengidap pneumonia usia 65 tahun ke atas dan anak di bawah usia 3 tahun lebih baik dilakukan perawatan inap di rumah sakit. Karena biasanya terjadi penurunan drastis tekanan darah, kesulitan bernafas, dehidrasi, dan temperatur tubuh menurun secara tiba-tiba.(drsc)
Perlu dilihat : Perut Ramping Cara Artis Jepang Dengan Pernapasan

Thanks for reading Awas Kenali Batuk Karena Pneumonia | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments