Serangan Belalang Lumpuhkan Bandara UMK | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Serangan Belalang Lumpuhkan Bandara UMK

Kegiatan airline atau maskapai penerbangan mulai terganggu oleh kehadiran kelompok belalang di bandara Umbu Mehang Kunda (UMK), Nusa Tenggara Timur (NTT). Kejadian ini mengakibatkan tertundanya beberapa penerbangan di bandara.

FORUMRIAU.COM -- Serangan Belalang Kembara yang menyerbu bandara Umbu Mehang Kunda di Waingapu, Sumba Timur, NTT, terjadi sejak Sabtu (10/6) kemarin. Bahkan belalang kembara sudah mulai menyebar ke tanaman warga.

Bupati Sumba Timur, Gideon Mbiliyora mengatakan, ribuan belalang tersebut kini masih beterbangan dan memenuhi tanaman warga.

"Masih ada sampai sekarang bahkan ada yang mulai hinggap di tanaman petani," kata Bupati Gideon kepada detikcom, Minggu (11/6/2017).

Pemkab Sumba Timur sudah menyemprotkan cairan anti hama. Namun, usaha itu sia-sia lantaran jumlah belalang kembara yang melonjak.

"Iya sekarang mereka mengepung kota Waingapu. Kita usaha semprot tapi tidak mempan lagian belalang itu pada terbang," ujar Gideon.

Pada Sabtu (10/6) kemarin, serbuan belalang kembara menyebabkan jadwal kedatangan pesawat di Bandara Umbu Mehang Kunda terganggu. Bandara harus dibersihkan lebih dahulu dari belalang.

Pesawat NAM Air dari Kupang seharusnya mendarat di Waingapu pada 14.45 WITA. Namun, pesawat baru bisa mendarat sekitar pukul 15.15 WITA pada Sabtu (10/6) kemarin.
"Penundaan pendaratan NAM Air Sabtu ( 10/06/2017) di Bandara UMK akibat landasan dan ruang udara di sekitar bandara diserbu begitu banyak belalang kembara yang datang dari berbagai arah," ujar Kepala Bandara UMK Sumba Timur, Lamro P Sihombing seperti dikutip detikcom, Minggu (11/6/2017). (*)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: