Sayembara Film Stop LGBT Malaysia Disorot Dunia | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Sayembara Film Stop LGBT Malaysia Disorot Dunia

Untuk meningkatkan peran generasi muda mencegah LGBT (Lesbi, Gay, Biseksual dan Transgender), Malaysia mengadakan sayembara atau kuis dalam bentuk karya film pendek. Hadiah bagi pembuat film disediakan ribuan ringgit.

FORUMRIAU.COM -- Upaya anti LGBT Malaysia ini jadi perhatian media dunia. Kantor berita AFP yang merilis situs resmi pemerintahan Malaysia menyebut hadiah yang disediakan 1.000 hingga 4.000 ringgit Malaysia yang setara dengan 235-940 US Dolar.

Hadiah itu akan diberikan kepada pembuat karya film pencegah LGBT terbaik. Sayembara ini terbatas hingga Agustus 2017 mendatang.

Format film berupa video pendek layaknya iklan yang akan diterima oleh panitia. Sayembara memberikan tema 'Nilai dirimu, Praktek Gaya Hidup Sehat'. Peserta juga dibolehkan membuat video yang berkaitan Seks dan Internet.

"Setiap karya akan dinilai berdasarkan orisinalitas, konten, konsep dan kreativitas dan kualitas produksi oleh dewan juri yang telah ditunjuk oleh panitia," tulis pengumuman di website panitia.

Peserta sayembara diminta mengirimkan video mengenai cara menanagani beragam permasalahan homoseksualitas. Video harus memuat bagaimana mencegah, mengontrol, menolong, dan juga tentang apa konsekuensi dari seorang homoseks.

Pemerintah Malaysia, melalui Wakil Dirjen Kesehatan Malaysia Lokman Hakim Solaiman mengatakan, dengan adanya sayembara ini tidak ada niat pemerintah memojokkan satu kelompok tertentu di negaranya.

"Semata-mata untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan dan kreativitas remaja mengenai hal-hal terkait kesehatan seksual dan reproduksi," kata Lokman seperti dilansir AFP yang dikutip detikcom.

Jadi Ketakutan LGBT
Sayembara resmi pemerintah Malaysia itu telak menjadi ketakutan besar para penganut LGBT. Aktivis Malaysia pada Sabtu (3/6/2017) waktu setempat menilai sayembara ini akan menyebabkan ketakutan di kalangan komunitas LGBT.

"Kenyataan mereka (pemerintah) yang menganggap LGBT masuk ke dalam kategori 'kebingungan gender' menunjukkan bahwa pihak berwenang sangat membingungkan diri mereka sendiri," ujar aktivis LGBT lokal yang cukup terkenal, Pang Khee Teik kepada AFP dirilis Minggu 4/6/2017.

"Ini seakan sebuah pemikiran bahwa badan pemerintah ingin seluruh negeri mengalami kebingungan yang sama," aku Pang Khee Teik.

Malaysia Truly Asia
Seperti diketahui, pada sejak masa tahun 2.000-an ini, negara kerajaan Malaysia lebih fokus mengemas konsep traveling bagi wisatawan.

Mulai dari layanan publik berupa kesehatan, keindahan alam dan tempat bermain waktu libur, telah berhasil mengundang minat kunjungan wisatawan ke Negara Malaysia.

Konsep kenyamanan libur, jalan -jalan, bahkan hingga layanan berobat untuk kesehatan dan kebugaran dinilai berhasil dikemas dalam berbagai tema menarik wisata oleh Malaysia.

Pada sepuluh tahun belakangan, konsep Malaysia yang populer di mata dunia untuk mengundang traveling adalah mengangkatnya dengan tema Malaysia Truly Asia.

Banyak stan pameran wisata, traveling, seni budaya, layanan kesehatan, maskapai penerbangan yang diikuti Malaysia saat promo Malaysia Truly Asia itu di berbagai pagelaran Indonesia.

Meski demikian, terkait sayembara anti LGBT, belum ada pernyataan resmi pemerintah Malaysia apakah konsep mencegah LGBT itu merupakan bahagian dalam rangka kenyamanan negara mereka untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke depan.(*)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: