Kisah Batu Berlian Modal Rp102 Ribu Terjual 11 Miliar | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Kisah Batu Berlian Modal Rp102 Ribu Terjual 11 Miliar

Penggemar batu-batuan boleh mendambakan kisah keberuntungan seorang warga Inggris ini yang tidak sengaja mendapatkan berlian di pasar loak pada awalya dulu. Warga ini telah 30 tahun memakai cincin itu sejak ia beli di sebuah pasar loak.

Kini cincin berlian yang dibeli di lapak barang bekas seharga £10 (atau sekitar Rp102 ribu), terjual di sebuah balai lelang di London seharga £656,750 (atau sekitar Rp11 miliar).

Awalnya balai lelang Sotheby's memperkirakan perhiasan itu bisa terjual senilai £350,000 (atau sekitar Rp6 miliar), namun di luar dugaan, ternyata terjual dengan harga dua kali lipat saat lelang Rabu (7/6).

Saat membelinya di lapak loakan di London barat, pada 1980-an, si pemilik cincin yakin bahwa batu dengan 'ukuran tak lazim' ini sekadar perhiasan imitasi. karena ditumpuk bersama benda-benda lain yang kusam.

Ia tak menyadari bahwa berlian ia kenakan selama beberapa dasawarsa itu itu memiliki nilai 26 karat.Diperkirakan berlian putih berbentuk bantal itu berasal dari abad ke-19.

Jelang acara lelang, kepala pelelangan yang menangani bagian perhiasan di London, Jessica Wyndham, mengatakan sang pemilik memakainya untuk berbelanja, dan juga kegiatan sehari-hari. Itu adalah cincin yang bagus.

"Tak ada seorang pun yang tahu bahwa berlian itu mempunyai nilai intrinsik. Mereka menikmatinya selama ini," dirilis oleh BBC.

Wyndham mengungkapkan pemilik cincin - yang tidak ingin disebutkan namanya - berpendapat bahwa berlian itu bukan batu permata asli karena berada di tumpukan perhiasan yang 'kusam' dan tidak memancarkan kilau berlian.

Setelah sekitar 30 tahun mengenakan cincin tersebut, si pemilik kemudian membawanya ke balai lelang Sotheby setelah seorang pembuat perhiasan mengatakan bahwa mungkin cincin berlian itu memiliki nilai.(*)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: