Awas Pria Pendek Lebih Beresiko Kebotakan Rambut

forumriau.com 4.6.17
forumriau.com
Minggu, 04 Juni 2017
Rambut botak lebih cenderung dialami oleh pria berpostur tubuh yang pendek jika dibanding dengan pria yang bertubuh tinggi. Sebuah penelitian menemukan bagaimana kebotakan lebih banyak pada pria bertubuh pendek ini terjadi?

Penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari universitas of Bonn, Jerman, Institute of Human Genetics ini menemukan fakta mengejutkan. 

Penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Nature Communications ini, menemukan ada kaitan yang erat antara tinggi badan pria dengan kecenderungannya mengalami masalah kebotakan secara dini.

Menurut pakar kesehatan, jika seorang pria memiliki tubuh yang pendek, maka besar kemungkinan mereka juga memiliki usia rambut yang pendek.

Penelitian ini melibatkan 20 ribu pria untuk mencari tahu bagaimana hubungan kebotakan dengan tubuh pria yang lebih pendek. 

Apakah masalah kebotakan dini memang berkaitan dengan karateristik dari kondisi fisik atau penyakit tertentu yang bisa saja dialami oleh pria layaknya pubertas, warna kulit, kepadatan tulang, hingga beberapa jenis penyakit kanker.

Hasilnya adalah, para peneliti berhasil mengidentifikasi 63 alterasi yang bisa meningkatkan resiko kebotakan dini pada genom manusia. 

Pakar kesehatan dr. Stefanie Heilmann-Heimnach yang merupakan ahli genetik manusia yang menjadi pemimpin penelitian ini, menyebutkan bahwa sebagian dari alterasi ini ternyata menunjukkan adanya keterkaitan antara tinggi badan pria dan resiko mengalami kebotakan dini. 

Tapi dia sendiri mengatakan pria tidak perlu khawatir jika mulai mengalami gejala kebotakan. Karena kebotakan pria ini bukan berarti ada gejala gangguan kesehatan lain di tubuhnya. 

Bagi pria yang bertubuh pendek dan mulai ada gejala kebotakan agar lebih menjaga kesehatan, kata Stefanie.(drsc)

Thanks for reading Awas Pria Pendek Lebih Beresiko Kebotakan Rambut | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments