Ini Kata Dokter Soal Kanker Serviks Menular Lewat Ciuman | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Ini Kata Dokter Soal Kanker Serviks Menular Lewat Ciuman

Kasus Julia Perez yang menderita kanker serviks belakangan membangkitkan kesadaran kaum hawa tentang penyakit yang cukup mengerikan ini. Banyak wanita yang bertanya-tanya apa saja penyebab dari penularan penyakit kanker serviks ini. Apakah ciuman juga bisa menjadi salah satu media penularan tersebut?

Pakar kesehatan Prof. Dr. dr. Andrijono, Sp.OG(K) yang berasal dari Himpunan Ongkologi Ginekologi Indonesia menyebutkan bahwa penyebab dari kanker serviks adalah virus HPV. Salah satu penularan dari virus ini adalah karena hubungan seks yang tidak aman, apalagi jika dilakukan dengan berganti-ganti pasangan.

Tak hanya itu, ciuman bibir ternyata juga  bisa menyebabkan penularan virus berbahaya ini, apalagi jika ciuman ini juga dilakukan dengan banyak orang.

Menurut dr. Andrijono, meskipun terlihat tidak berbahaya, dalam realitanya berciuman bibir ala French kiss memang bisa menularkan beberapa jenis penyakit berbahaya layaknya kanker mulut, kanker serviks, atau kanker rahim.

Hal ini disebabkan oleh adanya pertukaran air liur yang mengandung bakteri atau virus-virus yang berbahaya. Jika bakteri atau virus ini memasuki tubuh, maka mereka akan berinkubasi dan akhirnya berkembang menjadi penyebab penyakit berbahaya, termasuk kanker.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang setiap orang tidak sembarangan melakukan ciuman, khususnya ciuman bibir ala French kiss dengan orang lain. Selain itu, ada baiknya kaum hawa juga selalu menjaga kebersihan tubuh, khususnya setelah menyentuh berbagai macam benda atau bersalaman dengan orang lain.

Bagi kaum hawa sendiri, ada baiknya segera mendapatkan vaksinasi HPV agar bisa mencegah datangnya penyakit kanker serviks yang berbahaya.

Tak hanya itu, cobalah untuk melakukan screening atau pap smear agar bisa mendeteksi adanya penyakit ini dengan dini sehingga bisa mendapatkan penanganan medis yang cepat.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel pilihan google :

    Terbaru :

    Video Pilihan: