Bunda, Jika Puting Sakit Menyusui Ini Lho Saran Dokter | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Bunda, Jika Puting Sakit Menyusui Ini Lho Saran Dokter

Memberikan ASI eksklusif bagi bayi adalah sebuah kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi ibu. Dengan melakukannya, maka ibu memastikan bahwa buah hatinya akan mendapatkan nutrisi terbaik bagi perkembangan dan kesehatannya.

Hanya saja, menyusui bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan oleh ibu agar produksi ASI tetap lancar atau ibu dan bayi selalu nyaman untuk melakukannya.

Bagi ibu sendiri, salah satu kendala dalam menyusui yang kerap dirasakan adalah puting yang terasa sakit baik itu saat menyusui atau setelahnya. Menurut pakar kesehatan, rasa sakit pada puting ini disebabkan oleh bayi yang menyedot ASI dengan kencang atau bahkan dengan digigit, atau karena penggunaan pakaian dalam yang tidak nyaman.

Pakar kesehatan menyarankan ibu hamil untuk segera menggunakan es batu untuk mengatasi rasa sakit pada puting tersebut. Bungkus es batu ini dengan kain dan pijatkan pada bagian puting payudara yang terasa sakit.

Hal ini diyakini akan mampu mengatasi pembengkakan dan rasa nyeri dengan cepat. Tak hanya itu, ibu juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk memijat puting yang terasa sakit ini. Setelah dipijat, diamkan saja selama 15 menit dan kemudian bersihkan payudara sebelum dipakai oleh bayi untuk menyusui kembali.

Sebelum menyusui, ibu juga sebaiknya mengompres payudaranya selama 2-3 menit dengan air hangat. Dengan melakukan kompres ini setidaknya 15 menit sebelum menyusui, diharapkan puting payudara ibu tidak mudah terasa sakit.

Selain itu, lakukan pula pemijatan pada puting payudara dengan menggunakan sedikit ASI setidaknya 2 hingga 3 kali sehari agar bisa menurunkan rasa nyeri akibat menyusui ini.

Dengan cepat mengatasi rasa nyeri pada puting payudaranya, ibu tentu tidak akan khawatir setiap kali menyusui buah hatinya. Bayi pun akan selalu mendapatkan asupan bergizi dari ASI yang berlimpah yang sangat baik bagi kesehatan dan tumbuh kembangnya.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: