Wanita Demo Anti Perkosaan Diperkosa Selama 5 Hari oleh Banyak Lelaki

forumriau.com 13.4.17
forumriau.com
Kamis, 13 April 2017
Maria, seoarang wanita aktifis anti perkosaan malah diperkosa berkali-kali oleh banyak pria selama lima hari. Karena aktif berkampanye mengecam kekerasan seksual, Maria diculik dan disiksa berat dengan cara dierkosa oleh kelompok bersenjata di negara Kolombia.

Maria, yang berprofesi sebagai dukun pengobatan tradisional di Pusat Korban Konflik Bersenjata di ibu kota Kolombia, Bogota, baru pulih dari kasus berat yang dialami sehingga dia harus meninggalkan rumah. Seperti satu dari 10 orang Kolombia lainnya, dia juga menjadi pengungsi di negaranya sendiri.

Diculik pria bersenjata
Di apartemen kecilnya di atas bengkel mobil, Maria menceritakan kisahnya.

Enam tahun lalu dia tinggal di Quibdo, di bagian barat Kolombia, salah satu daerah termiskin dengan sebagian besar penduduknya merupakan keturunan budak dari Afrika yang dibawa penjajah Spanyol.

Maria adalah pemimpin kelompok perempuan, AfroMuPaz, yang mendukung keluarga-keluarga korban konflik.

Dia juga berkampanye melawan perekrutan prajurit anak-anak yang dilakukan banyak kelompok bersenjata di wilayah itu, serta melaporkan mereka terkait kasus pelecehan seksual.
Awalnya saya kira mereka akan membunuh saya.

Pada Juli 2010, seorang pria datang untuk menemui Maria dan mengatakan dia ingin menyumbang pakaian-pakaian anak dan sepatu untuk AfroMuPaz. Dia menawari untuk mengantar Maria mengambil barang-barang itu.

"Jadi, saya masuk ke dalam truknya dan tak curiga apa-apa," kata Maria.

"Tapi, waktu (truknya) mulai berjalan keluar kota, saya merasa ada yang tidak beres dan bertanya di mana barang-barang sumbangannya. Seketika itu, seseorang menodongkan pistol pada saya dan menutup kepala saya dengan tudung," tambahnya.

Maria dibawa ke hutan dan ketika para penyandera membuka tudung kepalanya, dia melihat dikelilingi pria bersenjata. Lalu, dengan ketakutan, dia melihat seorang tentara membawa keluar putrinya yang berusia 13 tahun dari sebuah gubuk.

Putri Maria, Camila, dibawa oleh seorang wanita anggota kelompok paramiliter, Los Rastrojos, dengan mobil yang mengatakan kalau dia akan membawa Camila menemui ibunya.

"Tapi, kami berdua disandera," ujar Maria.

Diperkosa sebagai hukuman
Secara resmi, prajurit kelompokl sayap kanan tersebut sudah tidak ada lagi. Mereka 'dihapuskan' 10 tahun lalu tapi masih banyak yang muncul atau berubah menjadi gerombolan penjahat.

Menjelang malam, Camila dibawa pergi dan Maria diikat di pohon dengan tiga pria penjaga. Maria berlumuran darah karena pukulan di kepalanya.

"Awalnya saya kira mereka akan membunuh saya," katanya.
"Lalu satu dari mereka memberitahu kalau mereka akan menghukum saya karena berbicara terlalu banyak. Mereka mulai memperlihatkan alat kelamin mereka dan saya sadar apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Saya berteriak 'Oke, lakukan apa saja yang kalian inginkan tapi mohon jangan sentuh anak saya. Jangan sentuh dia!" ucapnya.

Maria diperkosa berkali-kali oleh lima pria selama lima hari. Suatu saat, dia pingsan, dan saat sadarkan diri, sudah berada di rumah sakit Quibdo.

Dia ditemukan di pinggir jalan setelah putri tertuanya memberi tahu kehilangannya dan tim penyelamat mencarinya. Adapun Camila, putri bungsunya sudah kembali ke rumah dengan menderita trauma walau kondisi fisiknya tak terluka.

"Mereka memberitahu Camila, jika dia menceritakan apa yang terjadi, maka mereka akan kembali dan membunuh saya. Jadi, dia berhenti berbicara. Dia hanya berkata 'ya' atau 'tidak' dan hampir setiap hari dia menangis," kata Maria.

Relokasi ke Bogota
Maria akhirnya pulih dan enam bulan sesudahnya dia melanjutkan pekerjaannya untuk AfroMupaz. Tapi, suatu pagi seorang anggota dari kelompok paramiliter yang sama datang ke rumahnya dan memberitahu dia punya 48 jam untuk meninggalkan kota.

"Saya tahu kalau saya harus pergi," kata Maria.
Maka dia pindah ke Bogota dan pihak berwenang memberinya rompi antipeluru, ponsel, serta anggaran bulanan untuk taksi karena diperingatkan agar tidak naik kendaraan umum.

Beberapa bulan kemudian, ketiga anaknya ikut pindah. Kelompok-kelompok bersenjata memang sering menjadikan orang-orang seperti Maria -yang menyuarakan perlawanan terhadap kelompok bersenjata- seperti dijelaskan Hector Fabio Henao, uskup Katolik yang memegang peran dalam proses perdamaian antara pemerintah Kolombia dan FARC.

Dalam satu periode selama empat minggu pada tahun ini, tercatat 13 pegiat HAM, pengkampanye lingkungan, dan para pemimpin suku dibunuh, tambah Henao.

Sementara tahun lalu, satu orang dibunuh setiap lima hari. Para pembunuh termasuk anggota kelompok paramiliter, gang bandit, dan ELN (Tentara Pembebasan Nasional) yang merupakan gerilyawan sayap kiri yang tidak setuju gencatan senjata.

"Orang-orang yang terlibat dalam penyelundupan narkoba dan penambangan emas ilegal, tidak mau jika orang-orang sekitar mencoba melestarikan lingkungan hidup. Mereka tidak mau orang-orang menyuarakan hak-hak penduduk asli atau melaporkan kekerasan seksual, jadi mereka mengontrol populasi dengan tentaranya sendiri," kata Henao.

Pemerintah dan FARC setuju membentuk pengadilan khusus untuk menginvestigasi dan menuntut pelanggaran HAM yang dilakukan selama masa konflik 50 tahun dan berjanji pelaku kekerasan seksual, termasuk pemerkosaan, tidak berhak diampuni.

Camila ingin menjadi politikus
Akhir bulan lalu, pemerintah membentuk komisi untuk isu-isu gender untuk memastikan kaum wanita yang menderita dapat diakui dan suara-suara mereka didengar.

"Kami menyadari konflik itu menunjukkan rasa tanpa belas kasihan terhadap kaum wanita, membawa ketakutan yang tak dapat terbayangkan," kata pimpinan dewan perundingan pemerintah Kolombia, Humberto de la Calle.

Namun, Maria tidak yakin apakah akan aman jika memberi kesaksian, karena dia dan korban-korban lainnya menjadi sasaran akibat melaporkan kasus pelecehan.

Camila -yang sebelumnya tidak mampu berbicara setelah diculik- saat ini sudah belajar hukum di universitas dan terlihat lebih optimistis tentang pengembalian tatanan hukum.

Dia ingin menjadi politikus, "Tapi politikus yang benar! Bukan tukang korupsi, yang membuat orang-orang biasa menjadi tambah miskin."

Maria merasa susah menyesuaikan diri di Bogota
Dia rindu ibunya yang tua, teman-temannya, dan pekerjaan lamanya tapi pekerjaan sebagai dukun obat tradisional meningkatkan moralnya dan membantu menghilangkan 'amarah serta benci' di dalam hatinya.

Perempuan yang pernah menjadi korban kekerasan ini berpikir untuk mengampuni pelaku kekerasan itu dan membayangkan bagaimana rasanya hidup di negeri yang damai.

(*) sumber : bbc

Thanks for reading Wanita Demo Anti Perkosaan Diperkosa Selama 5 Hari oleh Banyak Lelaki | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments