Korea Utara Siap Tenggelamkan Kapal Induk Amerika

forumriau.com 24.4.17
forumriau.com
Senin, 24 April 2017
Korea Utara mengatakan siap menenggelamkan kapal induk Amerika Serikat yang berlayar menuju semenanjung Korea, seperti dilaporkan media pemerintah.

FORUMRIAU.COM - Koran Rodong Sinmun edisi Minggu (23/04/2017) dalam kolom pendapatnya memperingatkan kapal induk USS Carl Vinson termasuk kapal induk AS bisa ditenggelamkan 'dengan satu serangan'.

Pernyataan itu menyusul kapal USS Carl Vinson diperkirakan akan tiba di kawasan semenanjung Korea pekan ini.

Pengerahan kapal induk tersebut merupakan perintah Presiden Donald Trump di tengah-tengah peringatan bahwa 'kesabaran strategis' AS atas ambisi nuklir Korea Utara sudah berakhir.

Ketegangan antara Washington dan Pyongyang juga meningkat setelah peluncuran uji coba roket terbaru Korut yang gagal dan parade militer besar-besarannya.

Kolom komentar di Rodong Sinmun yang merupakan corong partai berkuasa, Partai Pekerja mendampingi laporan Kim Jong-un yang mengunjungi satu peternakan babi.

"Pasukan revolusioner kami siap tempur untuk menenggelamkan kapal induk AS bertenaga nuklir dengan satu serangan," tulis kolom tersebut dan menambahkan serangan atas yang mereka sebut sebagai 'binatang kasar' akan menjadi 'contoh nyata untuk memperlihatkan kekuatan militer kami'.

Kronologi ketegangan terbaru AS-Korut
8 April: 
Militer AS memerintahkan unit tempur Angkatan Laut bergerak ke Semenanjung Korea

11 April: 
Korea Utara mengatakan akan mempertahankan diri dengan 'kekuatan senjata yang berpengaruh'

15 April:
Pemerintah Pyongyang menggelar parade militer besar-besaran -lengkap dengan pameran rudal- untuk mengenang 150 tahun bapak bangsa, Kim IL-sung. Sementara Wakil Presiden AS, Mike Pence, tiba di Korea Selatan.

16 April:
Korea Utara melakukan uji coba roket, namun gagal

17 April:
Pejabat senior Korea Utara mengatakan kepada BBC bahwa mereka akan melanjutkan uji coba rudal 'setiap minggu' dan Mike Pence memperingatkan Korut agar tidak 'menguji' Presiden Donald Trump.

18 April:
Unit tempur Angkatan Laut AS menuju ke semenanjung Korea

Sementara koran pemerintah lainnya, Minju Joson, memperingatkan tentara akan 'menangani tanpa ampun pukulan yang menghancurkan atas musuh-musuh sehingga mereka tidak bisa hidup kembali'.

Pekan lalu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Rex Tillerson, dalam lawatannya ke Asia -termasuk ke Indonesia- mengatakan AS mengkaji semua status Korut, 'baik dalam konteks negara yang mendukung terorisme dan juga cara-cara lain yang bisa memberi tekanan kepada rezim di Pyongyang'.

Komentar itu ditanggapi Rondon Sinmun dengan menulis bahwa jika 'serangan kekuatan super yang mendahului dilancarkan, maka akan memusnahkan langsung dan total bukan hanya pasukan imperialis AS yang menginvasi Korea Selatan dan kawasan sekitarnya tapi juga tanah AS dengan menghancurkannya menjadi debu'.

Korea Utara juga mengancam akan menyerang Australia dengan senjata nuklir jika tetap menjadi sekutu Amerika Serikat.

Pemerintah Pyongyang menegaskan program nuklirnya untuk pertahanan diri namun berupaya untuk mengembangkan senjata kecil yang cukup untuk membawa rudal balistik.

Bagaimanapun belum ada bukti mereka sudah mencapai hal tersebut atau sudah berhasil mengembangkan rudal yang mampu menjangkau sasaran jarak jauh.

Unit temput Carl Vinson melakukan latihan militer bersama dengan Angkatan Laut Jepang di Laut Filipina pada Minggu (23/04/2017).*** sumber : BBC

Thanks for reading Korea Utara Siap Tenggelamkan Kapal Induk Amerika | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments