Ketahui 6 Penyebab Mandul Berikut Ini | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Ketahui 6 Penyebab Mandul Berikut Ini

Salah satu masalah kesehatan yang sangat ditakuti oleh banyak orang adalah kemandulan. Bagaimana tidak, seseorang yang mandul tentu akan kesulitan untuk mendapatkan keturunan yang selama ini diidam-idamkan. Sebenarnya, apa sajakah faktor yang bisa menyebabkan seseorang mandul? Berikut adalah diantaranya.

Usia
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa seiring dengan bertambahnya usia seseorang, maka semakin menurun pula kesuburannya. Bagi kaum hawa, usia 30an biasanya menjadi tanda dimana kesuburannya cenderung menurun dan saat usianya mencapai 37 tahun, kesuburannya pun menurun dengan drastis. Tak hanya karena menurunnya produksi jumlah sel telur dan kualitas sel telur, faktor gangguan kesehatan juga bisa menyebabkan hal ini.

Kebiasaan merokok
Kita tentu kerap mendengar salah satu bahaya merokok yang bisa menyebabkan gangguan kesuburan, bukan? Pakar kesehatan menyebutkan jika merokok bisa membuat pria mengalami disfungsi ereksi dan penurunan produksi sperma. Bagi ibu hamil, rokok bisa meningkatkan resiko terkena keguguran dengan signifikan.

Konsumsi minuman beralkohol
Alkohol ternyata bisa menyebabkan pria ataupun wanita memiliki resiko besar untuk mandul. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita menghindari minuman ini jika masih ingin mendapatkan keturunan.

Obesitas
Berat badan yang berlebihan ternyata memang bisa meningkatkan resiko kemandulan. Bagi pria yang kegemukan misalnya, mereka cenderung lebih beresiko terkena penurunan produksi sperma yang tentu berpengaruh besar bagi kesuburannya.

Malas berolahraga
Mereka yang malas berolahraga juga cenderung beresiko tinggi mengalami masalah kesuburan. Bagi kaum hawa, terlalu banyak berolahraga dengan intensitas terlalu berat juga bisa menyebabkan gangguan ovulasi.

Terlalu kurus
Mereka yang terlalu kurus atau terkena bulimia ternyata juga bisa mengalami masalah ketidaksuburan sehingga sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengatasi masalah kesehatan ini.

(drsc)***

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel pilihan google :

    Terbaru :

    Video Pilihan: