Darah Tinggi Turun Dengan Hal Ringan dan Alami Ini | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Darah Tinggi Turun Dengan Hal Ringan dan Alami Ini



Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah masalah kesehatan yang cukup banyak diderita masyarakat Indonesia.

Pakar kesehatan menyebutkan jika masalah kesehatan ini bertanggung jawab akan munculnya berbagai penyakit berbahaya layaknya stroke, serangan jantung, gagal ginjal, atau bahkan penurunan kognitif.

Untuk mengatasi tekanan darah tinggi, banyak orang yang mengubah gaya hidup dengan drastis sekaligus mengkonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka panjang. Padahal, sebenarnya ada beberapa cara alami yang bisa membuat tekanan darah tinggi menurun dengan efektif. Apa sajakah cara-cara alami tersebut?

Olahraga jalan cepat
Pakar kesehatan menyebutkan jika penderita diabetes yang rutin berjalan cepat bisa menurunkan tekanan darahnya hingga lebih dari 6 mmHg. Dengan rutin melakukan olahraga ini, kinerja jantung akan semakin lebih efektif dalam memompa oksigen. Kita hanya perlu melakukan jalan cepat selama 30  menit dalam sepekan dan hasilnya akan sangat baik bagi tekanan darah tubuh.

Mengurangi konsumsi kafein
Konsumsi berkafein layaknya kopi ada baiknya mulai jarang kita konsumsi jika ingin menurunkan tekanan darah. Kafein ternyata bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih ketat sehingga menyebabkan efek stress yang meningkatkan tekanan darah. Dengan mengurangi konsumsinya, maka stress pada tekanan darah pun bisa mereda dan tekanan darah pun akan turun.

Makan cokelat hitam
Cokelat hitam atau dark chocolate kaya akan kandungan flavonoid yang akan membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis sehingga akan mampu menurunkan tekanan darah dengan efektif.

Makan kentang
Dengan mengkonsumsi kentang, kita akan memenuhi kebutuhan potassium yang sangat dibutuhkan dalam menurunkan tekanan darah pada tubuh. Tak hanya kentang, beberapa sayuran lainnya layaknya ubi jalar, pisang, tomat, kacang merah dan kacang polong bisa memberikan efek yang sama bagi pembuluh darah.

Mendengarkan musik
Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Florence, Italia, menyebutkan bahwa dengan mendengarkan lagu yang membuat kita merasa lebih rileks selama 30 menit setiap hari sembari melakukan latihan pernafasan, maka tekanan darah bisa semakin menurun dengan signifikan.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: