Amankah Terapi Injak Punggung Bagi Kesehatan?

forumriau.com 2.3.17
forumriau.com
Kamis, 02 Maret 2017
Karena berbagai aktivitas dan pekerjaan yang berat, banyak orang yang merasakan pegal-pegal atau rasa lelah luar biasa. Untuk menghilangkan rasa pegal dan lelah tersebut, ada yang memanfaatkan sesi pemijatan.

Hanya saja, cukup banyak orang yang merasa jika pijatan dengan tangan kurang terasa mantap sehingga akhirnya meminta anaknya atau bahkan pasangannya untuk menginjak-injak punggungnya agar badan terasa lebih enakan. Sebenarnya, apakah tindakan menginjak-injak punggung ini cukup aman utnuk dilakukan?

Pakar kesehatan Greg Kawchuk, Ph.D yang merupakan professor departemen terapi fisik dari University of Alberta, di Edmonton, Kanada, berkata bahwa pijatan yang dilakukan dengan menginjak-injak punggung ini sangatlah tidak aman untuk dilakukan.

Menurut beliau, beban tubuh seseorang yang sangat berat saat menginjak punggung bisa memicu tekanan berlebihan, jauh lebih tinggi dari kekuatan ligamen dan buku-buku pada tulang punggung.

Alhasil, justru akan meningkatkan resiko terkena cedera tulang punggung atau bahkan pergeseran tulang dengan signifikan.

Memang, dengan menginjak-injak punggung, permukaan sendi akan menjadi lebih terdorong sehingga mampu bergerak dengan lebih leluasa. Hal ini tentu akan memberikan sensasi lega dan rasa pegal-pegal pun menghilang.

Sayangnya, adanya resiko cedera tulang punggung ini tentu tidak bisa diselepekan begitu saja, bukan?

Menurut Kawchuk, meminta orang lain untuk memijat, baik itu dengan cara menggunakan tangan, menggunakan kaki, atau bahkan menginjak-injak punggung, ternyata kurang aman untuk dilakukan, apalagi jika berada dalam posisi rebahan.

Hal ini dikarenakan orang yang memijat tidak bisa merasakan bagian mana yang benar-benar sakit pada tubuh anda dan bisa jadi memberikan tekanan yang berlebihan pada tubuh yang bisa memicu cedera.(drsc)

Thanks for reading Amankah Terapi Injak Punggung Bagi Kesehatan? | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments