Bunda Sebaiknya Tidak Sering Beri Balita Minum Teh | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Bunda Sebaiknya Tidak Sering Beri Balita Minum Teh

Meskipun kerap dianggap sebagai minuman yang menyehatkan, pakar kesehatan ternyata sangat tidak menyarankan orang tua untuk kerap memberikan minuman teh pada anaknya, khususnya yang masih berusia balita. Apa alasan dari larangan ini?

American Academy of Pediatricm ternyata sangat tidak menyarankan anak-anak, khususnya yang masih berusia balita, untuk mengkonsumsi teh atau kopi.

Anak-anak ternyata sebaiknya tidak mengkonsumsi kafein terlebih dahulu karena bisa berpengaruh buruk bagi sistem saraf pusatnya dan akhirnya membuat mereka ketagihan. Menurut pakar kesehatan, anak di sekitar usia 4-6 tahun sebaiknya hanya mendapatkan asupan kafein maksimal 5 mg setiap hari.

Sementara itu, anak usia 7-9 tahun sebaiknya hanya mengkonsumsi 62,5 mg perhari dan anak usia 10-12 tahun maksimal mengkonsumsi 85 miligram per hari. Andai konsumsi kafein ini lebih tinggi dari kadar maksimal tersebut, dikhawatirkan anak bisa mengalami masalah kesehatan seperti sebagai berikut.

Gangguan tidur
Pakar kesehatan berkata bahwa anak yang terlalu sering mengkonsumsi teh atau kopi akan mengalami gangguan tidur layaknya insomnia, tidur dengan kondisi gelisah, dan mudah terbangun saat tidur.

Tingginya kandungan kafein ini bisa berpengaruh buruk bagi tekanan darah anak dan membuat mereka lebih sering mengalami gangguan tidur, mudah cemas, dan cenderung hiperaktif.

Terlalu banyak mengkonsumsi gula
Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menambahkan gula pada teh atau kopi ternyata bisa berimbas buruk bagi anak mengingat mereka bisa mendapatkan asupan gula yang berlebihan setiap harinya. Jika hal ini terjadi, anak jelas akan bersiko besar terkena obesitas, kerusakan gigi, dan juga diabetes.

Bersifat diuretik
Kerap mengkonsumsi teh bisa membuat anak sering buang air kecil mengingat minuman ini memiliki efek diuretik. Andai anak lebih suka mengkonsumsi teh namun jarang meminum air putih, maka dikhawatirkan anak akan lebih mudah mengaalmi dehidrasi yang tentu kurang baik bagi kesehatannya.

Ada baiknya memang anak mengkonsumsi minuman yang lebih sehat layaknya jus buah atau susu dibandingkan dengan teh. Jus buah dan susu jauh lebih bergizi sehingga bisa membantu anak tetap sehat dan berkembang dengan maksimal.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: