Awas, Virus Undangan Saluran BBM Rawan Hacker

forumriau.com 22.1.17
forumriau.com
Minggu, 22 Januari 2017
Akhir pekan ini sejak Jumat 20 Januari 2017 marak menyebar undangan saluran BBM (Blackberry Messenger). Penyebaran itu masuk begitu saja dari sebuah ke akun lainnya dalam waktu singkat. Bahaya undangan saluran BBM itu ada yang memanfaatkannya untuk menebar virus.

FORUMRIAU.COM: "Dalam beberapa jam setelah broadcast spam disebarkan, Saluran BBM mencapai 6 juta pengguna. Bayangkan jika mencapai 10 juta dan dipakai buat menyebar hate speech, hoax, penipuan, sara dan iklan porno. Dampaknya akan luar biasa," kata Direktur Vaksincom Alfons Tanujaya, dikutip detikcom.

Dia mengatakan saluran BBM ini memang tidak akan mencuri data pengguna, asalkan yang dikirimkan hanya berupa informasi. Tapi lain soal bila yang terkirim adalah virus.

"Bisa mencuri data kalo yang dikirim adalah virus dan virusnya dijalankan oleh korban," jelas Alfons saat dihubungi detikINET, Jumat malam (20/1/2017).

Namun ancaman yang lebih serius ketika Saluran BBM ini disalahgunakan. Imbasnya bisa lebih dari yang dibayangkan.

Lebih lanjut Alfons mengatakan penyebaran spam Saluran BBM ini dinilainya cukup berhasil. Sang penyebar sepertinya telah menyiapkan secara matang sehingga tiap jam jumlah pengguna yang mengikuti Saluran BBM terus bertambah.

"Sepertinya sudah mengincar weekend. Mungkin dia perhitungan pada liburan, jadi ngga ada yang menangkal aksinya," ungkapnya.

"Selain itu pengguna BBM rata-rata bukan anak muda. Jadi kemungkinan besar gaptek. Jadi disuruh apa aja diikuti," imbuh Alfons.

Seperti diketahui, sepanjang Jumat (20/1/2017) banyak pengguna melapor bahwa mereka menerima pesan broadcast yang berisi undangan untuk bergabung ke Saluran BBM. Pengguna diimingi bebas kuota bilang mengikuti ajakan tersebut.

Lewat akun Twitternya, pihak BBM mengonfirmasi bahwa Saluran BBM tersebut palsu. Mereka pun meminta pengguna untuk tidak bergabung dan menyebarkannya. Pihak BBM pun tengah berupaya mengatasi masalah ini.(*)
Perlu dibaca: Hati-hati, BBM Ketua DPW PDIP Riau Dihack dan Digunakan Untuk Menipu

Thanks for reading Awas, Virus Undangan Saluran BBM Rawan Hacker | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments