Aduh, Peneliti Ungkap Efek Zat Rokok Elektrik Bagi Sperma Pria | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Aduh, Peneliti Ungkap Efek Zat Rokok Elektrik Bagi Sperma Pria

Rokok elektrik kerap kali dianggap sebagai rokok yang tidak berbahaya jika dibandingkan dengan rokok konvensional.

Banyak anak muda yang bahkan dengan tenang menghisap rokok elektrik karena dianggap tidak akan memicu berbagai masalah kesehatan.

Sayangnya, penelitian terbaru justru menunjukkan, rokok elektrik tetap saja mampu meningkatkan resiko masalah kesehatan layaknya rokok konvensional.

Bahkan, andai kerap menghisapnya, dikhawatirkan kualitas sperma pria bisa mengalami masalah. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh University College London, diketahui bahwa rokok elekrik memang mampu menurunkan kualitas sperma dengan signifikan.

Pakar kesehatan melakukan pengujian pada 20 cairan isi ulang dari rokok elektrik yang memiliki 9 variasi rasa dan kemudian dilihat reaksinya pada sampel sperma yang didapatkan dari 30 pria.

Hasilnya adalah, bahan kimia yang ada dalam zat perasa rokok elektrik ternyata mampu membuat kemampuan berenang sel sperma semakin melambat dan mampu merusak berbagai sel yang ada testis.

Seperti Rasa kayu manis dari rokok elektrik, diyakini mampu memperlambat laju renang sel sperma menuju sel telur dengan signifikan.

Selain itu, rasa permen karet bahkan mampu membunuh sel-sel yang ada pada testis. Alhasil, produksi sel sperma pun bisa mengalami gangguan dan pria pun beresiko tinggi terkena masalah kesuburan.

Dr. O’Neill, pemimpin penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Science Progress ini, menyebutkan di dalam rokok elektrik, ada bahan kimia beracun yang disebut sebagai coumarin.

Selain itu, ada pula bahan kimia formaldehida yang andai dipanaskan bisa memicu kanker. Hasil penelitian lain yang dilakukan di University of Salford juga menyebutkan, rokok elektrik sangat berbahaya bagi paru-paru mengingat kandungan bahan kimianya memiliki kemampuan dalam membunuh berbagai sel pada organ pernafasan.

Dengan adanya fakta-fakta ini, menghisap rokok elektrik sepertinya justru akan menghilangkan kejantanan pria sehingga sebaiknya dihindari saja.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: