Penelitian: Posisi Tidur Pengaruhi Kesehatan Tubuh

forumriau.com 2.12.16
forumriau.com
Jumat, 02 Desember 2016
Posisi tidur ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Pakar kesehatan menemukan melalui penelitian terhadap posisi tidur seseorang.

Kadangkala, meskipun sudah tidur dengan waktu yang cukup dan terasa sangat nyenyak, namun masih terbangun dengan kondisi tubuh yang tidak enak.

Pakar kesehatan menyebutkan jika kondisi tubuh yang tidak enak saat bangun tidur ini bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk oleh posisi tidur.

Memang, setiap orang bisa memilih posisi tidur yang disukainya. Namun, pakar kesehatan menyebutkan jika posisi tidur yang tidak tepat ternyata berpengaruh besar bagi kondisi kesehatan tubuh.

Pakar kesehatan menyebutkan, posisi tidur yang salah bisa memicu masalah kesehatan layaknya nyeri leher, sleep apnea, gangguan pernafasan, atau bahkan mimpi buruk.

Bahkan, penelitian terbaru menunjukkan jika terus mempertahankan posisi tidur yang salah, maka masalah-masalah kesehatan tersebut bisa semakin memburuk.

Berikut ini posisi tidur dan efeknya ditemukan para ahli kesehatan.

Posisi tidur terlentang
Tidur dengan posisi terlentang sangat nyaman bagi kepala, leher, dan tulang belakang. Andai mengalami nyeri pada bagian tubuh tersebut, maka posisi terlentang adalah posisi tidur terbaik.

Sayangnya, posisi tidur ini bisa membuat masalah mendengkur dan sleep apnea menjadi semakin parah dan jika terkena masalah asam lambung, maka posisi tidur ini bisa membuatnya menjadi semakin parah.

Hanya saja, jika menambahkan bantal empuk pada kepala sehingga posisinya sedikit naik jika dibandingkan dengan badan, sepertinya masalah kesehatan tersebut tidak akan menjadi semakin parah.

Posisi tidur miring
Posisi ini diyakini mampu mencegah masalah nyeri punggung dan nyeri leher. Tidur miring juga akan sangat baik dalam menangani masalah mendengkur dan direkomendasikan bagi para ibu hamil. Sayangnya, posisi ini akan menekan saraf pada kaki dan tangan dan bisa memicu kesemutan.

Jika merasa nyaman dengan posisi ini, ada baiknya menempatkan bantal di antara kedua kaki yang akan membuat masalah tersebut tidak terjadi dan bisa menambah rasa nyaman saat tidur.

Tidur tengkurap
Posisi tidur ini kerap dianggap sebagai posisi yang paling buruk bagi kesehatan. Posisi ini membuat tulang, persendian, dan otot-otot, menjadi tidak rileks selama tidur. Jika kerap melakukannya, maka bisa mengalami tegang pada leher yang bisa sangat menyakitkan.(drsc)

Perlu dibaca:

Mobil Untuk Kajari: FITRA Riau Duga Demi Amankan Firdaus MT

Thanks for reading Penelitian: Posisi Tidur Pengaruhi Kesehatan Tubuh | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments