Rudal yang Mengarah ke Makkah Berhasil Dihancurkan

forumriau.com 28.10.16
forumriau.com
Jumat, 28 Oktober 2016
Koalisi Arab Saudi mengumumkan keberhasilan pasukan koalisinya dalam mematahkan serangan peluru kendali (rudal) yang mengarah ke kota suci umat Islam, Makkah.

FORUMRIAU.COM: Koalisi Arab Saudi mengumumkan pasukannya berhasil mengintersepsi rudal balistik yang diluncurkan itu dari wilayah Yaman.

Rudal tersebut menargetkan kota suci Mekkah pada pekan ini. Serangan ini merupakan salah satu yang berhasil digagalkan Saudi di tengah konflik di Yaman yang berkepanjangan.

Kantor berita Arab Saudi, SPA yang dirilis cnnindonesia, melaporkan bahwa rudal itu berhasil dihancurkan pada Kamis (27/10/2016) sekitar 65 kilometer menuju kota tersuci bagi umat Muslim. Aksi ini tidak menimbulkan kerusakan atau korban jiwa.

Menurut laporan SPA, rudal itu diluncurkan dari Saada, wilayah yang dikuasai pemberontak Houthi di Yaman.

Klaim kelompok Houthi membenarkan peluncuran rudal balistik Burkan-1 ke Saudi melalui pernyataan resmi yang dirilis kantor berita mereka pada Jumat (28/10/2016).

Namun, menurut laporan Reuters, Houthi mengklaim bahwa serangan itu menargetkan Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah, salah satu bandara tersibuk di Saudi bukan ke Kabah kota Makkah.

Kelompok Houthi, yang dibekingi Iran dan pendukung mantan presiden Ali Abdullah Saleh, memang menargetkan sejumlah kota perbatasan Saudi, sejak negara kerajaan itu memimpin koalisi serangan udara di Yaman pada Maret 2015 untuk mendukung Presiden Rabbu Mansour Hadi menghadapi pemberontakan.

Kelompok bersenjata Syiah ini masih menguasai sebagian besar wilayah utara Yaman, termasuk ibu kota Sanaa.

PBB memperkirakan konflik berkepanjangan di Yaman telah menewaskan 10 ribu orang, terdiri dari warga sipil dan kelompok bersenjata.

Krisis pangan turut membayangi konflik di salah satu negara Arab termiskin itu. Sekitar 14 juta dari 26 juta warga Yaman yang terjebak dalam pertempuran butuh bantuan makanan, dan 7 juta di antaranya terancam krisis pangan.(*)

Thanks for reading Rudal yang Mengarah ke Makkah Berhasil Dihancurkan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments