Riau GO I.T Momen Kebangkitan Teknologi Pemerintah Daerah | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Riau GO I.T Momen Kebangkitan Teknologi Pemerintah Daerah

Untuk meningkatkan pelayanan publik berbasis Informasi Teknologi (IT), Pemerintah Provinsi Riau mengusung tema GO I.T dalam HUT Riau ke 59 pada tahun 2016 ini.

FORUMRIAU.COM: Ulang tahun Riau ke-59 menjadi momen khusus kebangkitan teknologi telekomunikasi dan informasi di Provinsi Riau.

Pemerintah pun berharap, kebangkitan itu tidak hanya ditandai dengan berbagai program di lingkungan pemerintah yang berbasiskan IT, namun juga diharapkan bisa berjalan sinergis dengan kemajuan dan pemahaman masyarakt terhhadap pemanfatan teknologi ini secara baik dan positif.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman saat melakukan konferensi pers bersama kalangan media di lingkungan Pemprov Riau, Senin, 8 Agustus 2016.

''Pemanfaatan teknologi IT sudah menjadi keharusan dewasa ini. Karena itulah, kita berharap ini bisa menjadi momen kebangkitan IT di Provinsi Riau,'' kata gubernur.

Sebagai awalan, dia menyebutkan, saat ini, Pemprov Riau sudah mulai mengintegrasikan akses informasi publik melalui website Pemprov Riau, riaugoid

''Seluruh informasi terkait dengan perkembangan daerah, program pemerintah, rencana pembangunan ke depan pun bisa diakses lebih mendalam melalui akses I ini,'' papar Andi.

Sesuai dengan tagline  Ulang Tahun Riau ke-59, 'Riau Go IT', maka semua website Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) mulai 9 Agustus 2016 akan terintegrasi. Dengan satu situs resmi riaugoid .

Ini bukan sekedar gagahan, namun, dijelaskan Andi Rachman juga harus bisa memberi kemanfaatan bagi masyarakat. Salah satunya adalah masyarakat bisa mendapatkan informasi apa yang dibutuhkan tanpa haru datang berkali-kali, apalagi sampai bolak balik untuk mendapat info atau mengurus perizinan.

Untuk menerapkan sistem kerja yang lebih rapi dan tertib, hemat kertas dan ramah lingkungan, Pemprov Riau juga sudah mulai menerapkan aplikasi e-office.

Tampak mendampingi Gubernur Riau Andi Rachman pada kesempatan itu Asisten I Setdaprov Riau, Ahmasyah Harrofie.

Pemprov Riau juga menyadari bahwa penggunaan IT ini juga berkaitan dengan keamanan data-data. Untuk itu sudah dilakukan antisipasi agar hanya yang berkepentingan yang bisa mengakses data tertentu.

"Kita memiliki admin khusus, yang menangani ini. Serta untuk membuka suaru surat dinas akan ada pasword tertentu, sehingga keamanan dalam pemerintahan lebih terjamin dan terhindar dari duplikasi oleh pihak yang tak bertanggung jawab," ungkap Ahmadsyah menimpali.

Ahmadsyah juga menyebutkan, Pemprov Riau terus berupaya membenahi sumber daya manusia di lingkungan pemerintahn untuk meningkatkan kapasitas kemampuan dalam pengelolaan IT di lingkungan kerja.

''Salah satunya, saat ini, setiap SKPD sudah wajib memiliki admin khusus untuk menangani tugas -tugas kedinasan yang berbasis IT,''kata Ahmadsyah.(rls)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: