Padang Banjir, 1 Tewas Ribuan Rumah Terendam

forumriau.com 17.6.16
forumriau.com
Jumat, 17 Juni 2016
Karena hujan lebat yang terjadi sejak Kamis sore, wilayah Kota Padang terendam banjir. Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) merilis ada ribuan rumah warga yang terendam dan satu warga tewas karena terpeleset saat mengungsi.

FORUMRIAU.COM: "Banjir menyebabkan ribuan warga dievakuasi dan satu orang meninggal dunia yaitu seorang pria (63 tahun) warga Komplek Arai Pinang Jl. Mustika XII Kota Padang yang terpeleset saat mengungsi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya, Jumat (17/6/2016).

Sutopo menyebut penyebab banjir itu hujan ekstrem dengan intensitas lebih dari 300 milimeter sejak pukul 16.00-23.30 WIB pada Kamis (16/6) kemarin. Hujan dan banjir terjadi juga di Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat.

"Banjir juga disertai longsor di beberapa tempat. Beberapa sungai meluap sehingga ribuan rumah terendam banjir dengan ketinggian antara 50-140 centimeter," ujarnya dikutip detikcom.

Sutopo menyebut ada 7 kecamatan di Kota Padang yang terendam banjir. Yaitu Kecamatan Koto Tangah, Lubuk Begalung, Nanggalo, Padang Selatan, Padang Barat, Teluk Kabung, dan Padang Timur yang meliputi 14 kelurahan.

Sementara ribuan rumah yang terendam banjir dengan tinggi 50-140 cm, berada di Kelurahan Lubuk Buaya, Tunggul Hitam, Pangambiran, Ampalu (Arai Pinang), Banda Gadang, Maransi, Parang Jambu, Jondul, Seberang Padang, Pampang, Seberang Palinggam, Lolong, Bungus dan Marapalan. Banjir juga merendam daerah Kasai arah ke Padang Pariaman.

Upaya darurat masih dilakukan oleh tim penanganan banjir. Tim gabungan dari BPBD, Basarnas, Dinsos, Brimob, Lantamal, Tim reaksi cepat PT Semen Padang dan relawan lain mengerahkan perahu karet untuk evakuasi warga.

"Hingga sahur hujan masih berlangsung dan masih terjadi banjir di beberapa tempat,"ucap Sutopo.(*)

Thanks for reading Padang Banjir, 1 Tewas Ribuan Rumah Terendam | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments