Kenali Benjolan Tiroid di Leher dan Cara Mengobatinya | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Kenali Benjolan Tiroid di Leher dan Cara Mengobatinya

Jika mendapati ada benjolan yang muncul pada bagian leher, perlu diwaspadai. Memang benjolan ini tidak akan terasa sakit dan bisa saja kemudian hilang dengan sendirinya. Namun, pakar kesehatan justru meminta untuk mewaspadai, adanya benjolan pada leher karena bisa jadi ada masalah pada kelenjar tiroid tubuh.

Bagaimana hal ini bisa terjadi?
Menurut pakar kesehatan, kelenjar tiroid berada di area leher, tepatnya di area batang tenggorokan. Kelenjar tiroid sendiri memiliki fungsi yang tidak main-main, yakni dalam hal mengendalikan metabolisme tubuh dan juga pertumbuhan otak dan saraf.

Kelenjar tiroid yang berada dalam kondisi sehat akan cenderung tidak akan mudah terlihat atau bahkan terasa. Hanya saja, jika kelenjar ini sedang bermasalah, bisa jadi kelenjar tiroiod akan membesar layaknya karet yang terlihat benjol namun tidak diiringi rasa sakit.

Penyebab masalah pada kelenjar tiroid sendiri biasanya adalah karena kurangnya asupan yodium, adanya infeksi, hingga adanya penyakit autoimun.

Selain itu, ada juga kemungkinan penyakit hipotiroid yang sangat harus diwaspadai karena bisa jadi juga menjadi tanda adanya kadar kolestero tinggi di dalam tubuh.

Untungnya, pakar kesehatana dr. Imam Subekti yang berasal dari Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mengungkapkan fakta dimana benjolan pada leher yang disebabkan oleh penyakit hipotiroid ternyata tidak perlu harus dikhawatirkan karena ada pengobatannya.

Sebagai contoh, kita bisa mengkonsumsi obat yang akan menstabilkan hormon pada kelenjar tiroid sehingga akan membuatnya mengecil kembali.

Hanya saja, benjolan pada leher bisa jadi ternyata disebabkan oleh penyakit lain layaknya kanker atau tumor yang tentu baru bisa diketahui jika kita melaporkan kondisi ini ke dokter. Dengan penanganan medis yang tepat, maka tentu masalah kesehatan ini akan bisa segera ditangani dengan baik.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: