Awas Tidur Dengan Ponsel Bikin Cepat Pikun, Ini Temuan Medisnya

forumriau.com 2.6.16
forumriau.com
Kamis, 02 Juni 2016
Cukup mudah menemui orang-orang yang sudah kecanduan gadget, khususnya yang berupa smartphone belakangan ini. Bagaimana tidak, setiap orang yang menggunakan ponsel cerdas ini, bisa mendapatkan berbagai hal yang mengasyikkan layaknya informasi terbaru, hubungan dengan berbagai kawan dari area yang jauh, atau sekadar melihat meme-meme lucu.

Banyak orang yang bahkan tidak bisa melepaskan diri dari ponselnya sedetikpun dan akan membawanya hingga ia tertidur. Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika membawa ponsel aktif dekat dengan tubuh saat tidur sangatlah tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Rochester, layar biru dari gadget elektronik, khususnya smartphone, ternyata bisa mengganggu kualitas tidur kita. Jika hal ini terjadi, maka otak pun tidak bisa benar-benar beristirahat dengan maksimal dan kinerjanya bisa mengalami gangguan di kemudian hari.

Menurut pakar kesehatan, layaknya organ tubuh lainnya, otak setidaknya membutuhkan 6 hingga 8 jam waktu istirahat setiap harinya. Jika tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka otak pun bisa mengalami kondisi dimana neurotoksin beta amyloid semakin menumpuk pada otak. Yang menjadi masalah adalah, senyawa toksin ini ternyata banyak ditemukan pada penderita alzheimer atau demensia!

Sebagaimana diketahui, baik alzheimer ataupun demensia memiliki kaitan erat dengan hilangnya daya ingat, penurunan fungsi kognitif untuk berpikir dan juga untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Dengan adanya fakta ini, pakar kesehatanpun menyerukan masyarakat untuk menghindari posisi tidur yang dekat dengan ponsel. Bahkan, banyak pakar kesehatan yang menyarankan untuk mematikan ponsel di kala tidur dan menempatkannya jauh dari tempat tidur, bahkan di luar ruang tidur demi kesehatan tubuh, khususnya organ otak agar lebih baik.

Thanks for reading Awas Tidur Dengan Ponsel Bikin Cepat Pikun, Ini Temuan Medisnya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments