Sperma Pria Mandul Bisa Jadi Akibat Kriptorkidisme | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Sperma Pria Mandul Bisa Jadi Akibat Kriptorkidisme

Jika mendengar masalah tentang kesuburan pria, maka akan segera berpikir tentang pria yang mengalami penurunan kualitas atau kuantitas sperma. Memang, sperma adalah kunci dari kesuburan dan keberhasilan pria untuk bisa mendapatkan keturunan bersama dengan pasangannya.

Masalah kualitas atau kuantitas sperma sendiri bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor dan tentu tidak bisa disepelekan begitu saja. Terdapat beberapa penyakit yang bisa mempengaruhi sperma pria, salah satunya adalah kriptorkidisme.

Pakar kesehatan dan seksualitas berkata, penyakit yang mendapatkan namanya dari bahasa Yunani “cryptos”, artinya tersembunyi ini adalah penyakit yang sangat berbahaya dan berpengaruh buruk bagi kesuburan pria.

Memiliki nama lain undescended testis atau UDT, penyakit ini tidak hanya muncul pada saat pria sudah berusia dewasa, layaknya kebanyakan masalah kesuburan lainnya. Kriptorkidisme sendiri lebih sering terjadi karena masalah bawaan dari lahir dan bahkan sudah bisa menyerang meskipun pria masih berusia bayi.

Jika seorang pria terkena kriptorkidisme, maka salah satu atau kedua testis tidak bisa terlindungi oleh skrotum dengan baik. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan, tanpa adanya perlindungan oleh skrotum, maka testis pun tidak akan mendapatkan suhu yang stabil, sesuatu yang sangat penting dalam menjaga kesehatan sperma.

Andai sperma ini mengalami kepanasan atau bahkan kedinginan karena tidak adanya perlindungan skrotum, maka bisa dipastikan sel-sel sperma ini akan mati dan tentu akan menciptakan masalah kesuburan bagi pria.

Dalam beberapa kasus, masalah kriptorkidisme bisa membuat seorang pria mandul hingga akhir hayatnya. Namun, asalkan sudah didiagnosa sejak dini, pakar kesehatan meyakini kriptorkidisme bisa ditangani dengan baik sehingga pria pun bisa mendapatkan kembali kesuburannya.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: