Blok Migas Dilelang Kementrian ESDM, Ini Syaratnya | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Blok Migas Dilelang Kementrian ESDM, Ini Syaratnya

Sebanyak 14 blok minyak dan gas (migas) dilelang oleh Kementerian ESDM pada tahun ini. Prospek cadangannya disebut-sebut cukup besar. Diantara jumlah itu, terdapat blok yang terbesar dan lokasinya berada di Papua.

FORUMRIAU.COM: "Saya tidak hafal berapa prospek produksinya, tapi cukup besar. Yang paling besar di daerah Papua cukup banyak, ada Kasuri dan beberapa blok lain,"kata Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM, Djoko Siswanto, usai pengumuman lelang dalam acara The 40th IPA Convention and Exhibition di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (27/5/2016).

Dari 14 blok yang dilelang, yang berada di Papua adalah Blok North Arguni, Kasuri II, Onin, dan West Kaimana. North Arguni, dan Kasuri II dilelang secara reguler (regular tender), sedangkan Onin dan West Kaimana dilelang dengan mekanisme penawaran langsung (direct proposal).

Berbeda dengan lelang blok migas di tahun-tahun sebelumnya, lelang kali ini menawarkan insentif agar lebih menarik bagi para investor.

Dalam lelang blok migas, biasanya split (bagi hasil) antara pemerintah dan kontraktor maupun signature bonus (bonus tandatangan) sudah ditentukan, tidak bisa ditawar. Kali ini para peserta lelang bisa menawar split dan signature bonus kepada pemerintah.

Split untuk minyak biasanya 85% untuk pemerintah dan 15% untuk investor (85:15), sekarang investor bisa mendapat bagian lebih dari 15% agar blok migas menjadi lebih ekonomis. Insentif ini diberikan karena harga minyak sedang anjlok hingga kisaran US$ 50/barel.

"Peserta lelang (bidder) bebas menawar sharing split dan signature bonus. Pemerintah akan memilih pemenang berdasarkan penawaran terbaik berdasarkan estimasi pemerintah,"papar Djoko dikutip finance.detikcom.

Untuk tender penawaran langsung, jadwal yang ditentukan pemerintah adalah sebagai berikut:

  1. Akses dokumen penawaran: 15 Juni-5 Agustus 2016
  2. Forum klarifikasi: 20 Juni-5 Agustus 2016
  3. Batas akhir dokumen penawaran: 8 Agustus 2016
Sementara untuk lelang reguler, berikut jadwal yang ditetapkan pemerintah:
  1. Akses dokumen penawaran: 15 Juni-19 Oktober 2016
  2. Forum klarifikasi: 20 Juni-19 Oktober 2016
  3. Batas akhir dokumen penawaran: 20 Oktober 2016


Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: