Benarkah Hanya Rokok Saja Penyebab Kanker Paru?

forumriau.com 11.5.16
forumriau.com
Rabu, 11 Mei 2016
Kanker paru merupakan salah satu tipe kanker yang mematikan bagi pria maupun wanita. Setiap tahunnya angka kematian karena penyakit ini semakin meningkat. Menurut data statistik yang ada, kematian yang disebabkan oleh kanker paru meningkat 3,5% antara 1999 dan 2012.

FORUMRIAU.COM: Merokok merupakan penyebab utama dari kanker paru. Menurut beberapa penelitian, berada di dekat para perokok dan menjadi perokok pasif juga menjadikan kita sebagai faktor risiko terkena kanker paru.

Selain rokok, zat radioaktif radon bisa menyebakan kanker paru, faktor risiko lainnya yang sering dilupakan adalah radiasi pada daerah dada dan polusi udara yang berlebihan di sekitar kita. Selain faktor risiko disekitar kita tersebut, faktor genetika juga memegang peranan penting dalam hal menyebabkan kanker paru.

Kanker paru derajat awal jarang menimbulkan gejala, banyak orang tidak menyadari dirinya menderita penyakit tersebut. Ketika kondisi memburuk, beberapa gejala dapat muncul sebagai tanda dari penyakit tersebut, yaitu:


  1. Batuk yang terus menerus dan berkepanjangan
  2. Batuk darah
  3. Nafas yang pendek dan sesak
  4. Nyeri dada
  5. Kehilangan nafsu makan
  6. Penurunan berat badan yang tidak jelas diketahui penyebabnya
  7. Kelemahan dan kelalahan
  8. Kesulitan dalam menelan

Untuk menetapkan diagnosis kanker paru, pemeriksaan fisik dokter ditunjang dengan berbagai pemeriksaan lanjutan berupa Rontgen dada, PET scan, CT scan, atau MRI pada dada, tes dahak.
Biopsi , dengan cara mengambil contoh jaringan dan dicek di labaratorium untuk melihat adanya perubahan sel yang abnormal. Bronkhoskopi, berupa tabung yang dimasukkan ke dalam paru – paru untuk melihat adanya kelainan yang tampak.

Pengobatan untuk kanker paru bergantung pada berbagai faktor, kesehatan pasien itu sendiri, tipe kanker, stadium kanker dan ukuran kanker serta penyebaran dari kanker tersebut. Pada umumnya dilakukan kombinasi terapi untuk mengobati kanker. Berbagai terapi yang dapat diberikan adalah berupa operasi, kemoterapi untuk membunuh sel – sel kanker, dan radiasi untuk membunuh sel – sel kanker.(drsc)***

Thanks for reading Benarkah Hanya Rokok Saja Penyebab Kanker Paru? | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments