Calon Setor Rp.20 M Upaya Golkar Stop Politik Uang di Munaslub

forumriau.com 13.4.16
forumriau.com
Rabu, 13 April 2016
Untuk menekan praktek politik uang dalam Pemilihan Ketua Umumnya, Partai Golkar melempar wacana setiap calon ketua umum Partai Golkar harus setor Rp 20 miliar jika betul-betul ingin maju dalam Munaslub Partai Golkar. Upaya tersebut diklaim sebagai salah satu jurus ampuh menangkal terjadinya praktik politik uang.

FORUMRIAU.COM: Ketua Organizing Committe Zainudin Amali mengatakan, pada dasarnya wacana tersebut bertujuan agar tidak terjadi jual beli suara. Antara calon ketua umum Partai Golkar dengan DPD sebagai pemilik suara.

"Mau dilarang apapun komunikasi pasti terjalin antara caketum ke peserta. Membujuk orang dan sebagainya tapi ada imbalan sesuatu. Ini yang mau dieliminir. Bagaimana caranya teman-teman peserta bisa dapat bantuan transport dan lain-lain. Tapi tidak boleh milih berdasarkan bantuan kandidat,"ujar dia saat dihubungi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (13/4).

Zainudin menekankan, setoran dari setiap calon ketua umum Golkar tersebut khusus diperuntukan DPD-DPD sebagai pemilik suara. Bukan untuk penyelenggaraan Munaslub Partai Golkar ataupun syarat mendaftar sebagai kandidat calon.

"Bukan untuk mendaftar sebagai kandidat. Tapi kan mereka akan interaksi bantu transport kepada para peserta. Jangan sampai ini bantuan perorangan sehingga mempengaruhi pilihan. Pilih lah apa yang dia lihat bagus. Yang bisa membawa partai bagus ke depan,"tuturnya.

Oleh karenanya, lanjut Zainudin, dibuatlah semacam rencana tiap calon ketua umum menyerahkan duit ke penyelenggara Munaslub. Yang mana nantinya, penyelenggara akan mendistribusikan kepada DPD.

"Jadi tujuan mulianya mengeliminir transaksi. Angkanya belum ada angka seperti itu. Orang sedang mendiskusikan belum tentu diterima. Terus berapa dong berapa dong, macam-macam,"tandasnya.***
sumber;merdekacom.

Thanks for reading Calon Setor Rp.20 M Upaya Golkar Stop Politik Uang di Munaslub | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments