Andi Rachman Disalahkan Masyarakat Soal Batalnya Pelantikan

forumriau.com 19.4.16
forumriau.com
Selasa, 19 April 2016
Pembatalan pelantikan tanpa dasar hukum terhadap dua kepala daerah terpilih menjadi bumerang pada Pemerintahan Povinsi Riau yang dipimpin Plt Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Ribuan warga Rokan Hulu dan Pelalawan meluapkan rasa kecewa mereka di gedung DPRD Riau. Mereka mempertanyakan dasar hukum Gubernur Andi Rachman urung melantik dua bupati terpilih hasil Pilkada serentak 2015 silam.

FORUMRIAU.COM: Menurut warga yang ramai di gedung DPRD Riau tempat yang seharusnya dilakukan pelantikan, SK Mendagri yang sampai ke Pemprov Riau untuk agenda pelantikan hari ini berdasarkan hukum yang sah.

"Kok bisa dibatalkan hanya karena informasi yang tidak jelas. Hanya lewat telpon dan berita media. SK pelantikan itu berdasar hukum yang dikeluarkan Mendagri sendiri, kok bisa batal hanya lewat telpon dan informasi berita saja. Kami nilai ini bukti tidak adanya ketegasan dan peran gubernur Riau,"kata tokoh warga Rohul yang tidak mau dikutip namanya oleh media.

Masyarakat Riau secara umum mengecam pembatalan ini. Sejumlah rasa kecewan bertebaran di media sosial oleh tokoh media, politik dan tokoh masyarakat. Mereka menilai adanya ketidakadilan bagi Riau dalam hak pra duga tak bersalah.

Situs resmi Kemendagri secara resmi menerbitkan bahwa status tersangka tidak bisa membuat batalnya pelantikan. Pernyataan Mendagri resmi dirilis itu tertanggal 6 Februari 2016 silahkan klik disini.

"Bukan siapa yang akan dilantik. Tapi ini telah membuktikan Mendagri tidak mendidik masyarakat dengan penghianatan kepeutusannya sendiri. Gubernur juga tidak menunjukkan perannya sebagai kepala daerah,"kata warga Rohul.

Thanks for reading Andi Rachman Disalahkan Masyarakat Soal Batalnya Pelantikan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments