Awas Cek Jalan Putus Sumbar-Riau Ini

forumriau.com 8.2.16
forumriau.com
Senin, 08 Februari 2016


Akibat banjir dan tanah longsor, dua jembatan kabupaten putus, sehingga lalu lintas Payakumbuh-Pekanbaru lumpuh total. Jalan Muaralabuh - Padang Aro Kerinci juga putus total.
Saat ini kondisi masih hujan dan menyebabkan kesulitan penanganan.

FORUMRIAU.COM: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) Provinsi Sumatera Barat dan beberapa instansi terkait masih berupaya melakukan penanganan korban banjir dan tanah longsor.

Sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat, sejak Sabtu (6/2/2016) telah mengalami banjir dan tanah longsor, menewaskan enam orang.

"Dua orang berhasil dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia, sedangkan 4 orang masih tertimbun dan dalam proses pencarian,"ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulis, Senin (8/2/2016).

Hujan yang berlangsung sejak Jumat hingga hari ini telah menyebabkan banjir dan longsor di beberapa daerah di Kota Solok, Kabupaten Agam, Kabupaten Solok Selatan dan 50 kabupaten/kota di Sumatera Barat. 

Banjir dan longsor di Kabupaten Solok Selatan terjadi di 3 kecamatan yaitu, Sungai Pagu, Pauh Duo, dan Kecamatan Sangir. Banjir disebabkan meluapnya Sungai Batang Bangko, Sungai Batang Suliti dan Sungai Batang Lolo. Banjir dan longsor menyebabkan jalan Muaralabuh - Padang Aro Kerinci putus total.

Sementara itu, meluapnya Sungai Batang Lembang menyebabkan banjir di Kelurahan Koto Panjang Kecamatan Tanjung Harapan dan Kelurahan Kampai Tabu Karambie Kota Solok. BNPB melaporkan bahwa sebanyak 36 rumah terendam banjir.

Di Kabupaten Agam, longsor yang terjadi pada Minggu dini hari membuat akses jalan Bukittinggi-Lubuk Sikaping tertutup material longsor selebar 15 meter dan setinggi 2,5 meter. Namun, jalan tersebut saat ini telah dapat dilalui kendaraan.

Tak hanya itu, banjir juga terjadi di Nagari Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Nagari. Sebanyak 100 rumah terendam banjir hingga 1 meter, dan satu orang dilaporkan hanyut dan ditemukan dalam kondisi tewas.

"BPBD bersama TNI, Polri, PMI, Basarnas, SKPD dan masyarakat telah melakukan pendataan dan penanganan darurat. Posko didirikan dan membagikan makanan siap saji," kata Sutopo.
Sumber: kompascom | foto: minang-terkinicom

Thanks for reading Awas Cek Jalan Putus Sumbar-Riau Ini | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments