Bahaya..Rp250 Triliun Dikuasai Mafia Migas Cuma 2 Tahun

forumriau.com 13.11.15
forumriau.com
Jumat, 13 November 2015




Potensi kerugian negara mencapai Rp.250 triliun akibat permainan mafia Minyak dan Gas (Migas) hanya dalam 2 tahun terakhir. Temuan ini dapat dijadikan tolak ukur permainan mafia di transaksi Migas Nasional selama ini.

FORUMRIAU.COM: Ke depan, pemerintah didukung melakukan perbaikan dalam transaksi ini. Karena, hasil audit forensik terhadap Pertamina Energy Trading Ltd (Petral) telah mengungkapkan hampir semua aktivitas permainan mafia migas selama kurun waktu 2012 - 2014.

Gerak cepat pemerintah sangat menentukan menuntaskannya agar tidak menimbulkan resistensi dan upaya penghilangan barang bukti.

"Namanya kepegang karena seluruh komunikasi terbuka. Siapa e-mail ke siapa, siapa SMS ke siapa, siapa telepon ke siapa sudah jelas. Perusahaan mana yang diatur tanda kutip sudah jelas,"ungkap Staf Khusus Menteri ESDM, Said Didu dalam sebuah dialog di salah satu televisi nasional di Jakarta, Rabu (11/11/2015).

Berdasarkan hasil audit itu, terungkap adanya sebuah grup usaha yang menguasai kontrak suplai minyak senilai Rp250 triliun. Oleh karenanya, Said berharap pemerintah segera bergerak cepat menuntaskan mafia migas tersebut agar tidak ada resistensi.

Selain itu, Said tak menampik adanya keterlibatan oknum PT Pertamina (Persero) dalam indikasi anomali pada pengadaan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Perlu dijaga sekarang jangan sampai resistensi Pertamina dan Petral menghilangkan data ini semua sehingga menyulitkan penyidik," ungkapnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto menyatakan audit forensik terhadap Petral Group oleh auditor independen Kordha Menta telah tuntas. Meski demikian, audit tersebut tidak menghitung kerugian negara yang ditimbulkan akibat penyimpangan yang ada.

Sementara itu, anggota Komisi VII DPR, Kurtubi menilai bahwa audit forensik Petral pada 2012-2014 bisa dijadikan sampel untuk mengungkap mafia migas di tahun-tahun sebelumnya.

"Periode tersebut hanya penggalan sampel yang diasumsikan mewakili populasi periode waktu yang lebih panjang ke belakang, mengingat mafia migas mungkin pemain-pemain berikut bekingnya ya itu-itu juga orangnya," kata Kurtubi.(Frc/470)***
Sumber: rimanews.com
Editor: Surya Koto

Thanks for reading Bahaya..Rp250 Triliun Dikuasai Mafia Migas Cuma 2 Tahun | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments