Hati-hati..Presiden Diam Sedang Kumpulin Data Cabut Izin Pembakar Lahan, Ini Poin-poinnya.. | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Hati-hati..Presiden Diam Sedang Kumpulin Data Cabut Izin Pembakar Lahan, Ini Poin-poinnya..



Tahukah Anda.....Anda yang merasa terlanjur menyalahkan presiden soal kabut asap, apapun caranya, kini bisa berbesar hati.

Karena, presiden Jokowi dikabarkan kini sedang konsentrasi melihat aksi para pembakar lahan dan hutan (karlahut), bukan melihat caci maki masyarakat yang tidak tau apa-apa.

Tujuannya, mengumpulkan data yang akurat dan tepat untuk dapat menjerat perusahaan-perusahaan pembakar lahan di Riau dan provinsi lain di Indonesia. Karena, menjerat pembakar lahan tidak gampang, makanya perlu bukti dan data akurat.

Ada beberapa poin yang jadi catatan soal kabut asap.

1.Melihat izin lahan dan hutan. Untuk Provinsi Riau, Jokowi sudah megang sejumlah data perizinan dan status lahan. Data itu telah diserahkan Pansus Perizinan, Pajak dan Regulasi DPRD Riau, jauh sebelum asap muncul tahun ini.

2.Melihat oknum-oknum yang bermain, baik dari Kepolisian, Pejabat hingga Tokoh masyarakat dan oknum perusahaan pembakar lahan itu sendiri.

3.Melirik UU yang dapat menjerat pelaku pembakaran, pembiaran dan perencana pembakaran.

4.Mencari istitusi, lembaga negara yang tepat untuk melakukan penindakan, mengadili serta menutup perusahaan dan menangkap pelaku  pembakaran lahan.

5.Mempersiapkan regulasi pengelolaan perusahaan yang akan ditutup. Apakah dikembalikan ke negara, dikelola negara jadi BUMN/BUMD atau swakelola untuk masyarakat.

6.Mempertimbangkan dan mempersiapkan pengganti oknum pejabat-pejabat yang terlibat, khususnya oknum polisi/TNI, kementrian dan PNS.

7.Mencari solusi, teknologi dan metode cara membuka lahan ke depan, tanpa membakar lahan, tapi tetap ekonomis, setidaknya untuk jangka panjang.

Itulah 7 poin kabarnya yang sedang dilakukan Presiden Jokowi. Setelah ia mengetahui, menilai bahwa instruksinya ke Kepolisan dan aparatur negara banyak yang 'mandeg' di daerah pembakar lahan. Hmm..MaTauWak.(frc/SK)***

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid
    Prof.DR.Yusril Ihza Mahendra.SH.MSc : Jadi sekali lagi, islam bukanlah sebuah ideologi.

    Ondeh..Pemko Pekanbaru Bayar Lahan Perkantoran ke Si Aseng Rupanya

    Lahan perkantoran Pemko Pekanbaru yang izinnya cacat hukum, rupanya dibeli ke si Aseng. Hal ini ditemukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) R...

    Video Pilihan: