Dewan Desak ISPU Dibangun Tiap Daerah di Riau

forumriau.com 7.10.15
forumriau.com
Rabu, 07 Oktober 2015


Merasa heran, akhirnya dewan mendesak BLH Riau anggarkan papan ISPU di seluruh kabupaten/kota se Riau. Papan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) dibutuhkan bukan lantaran kabut asap saja, melainkan kebutuhan harian informasi kualitas udara.

FORUMRIAU.COM: "Ibu harus anggarkan papan ISPU ini di APBD murni 2016. Tahun depan sudah ada ISPU di semua daerah,"pinta Abdul Wahid, anggota komisi D DPRD Riau, ke Kepala BLH Riau Yulwiriati Moesa, saat hearing di ruang Komisi D,  Rabu 7/10/2015.

Kata Wahid yang juga ketua DPW PKB Riau, papan ISPU hanya ada di Kota Pekanbaru dan Dumai. Sedangkan untuk kota Pekanbaru juga harus ditambah papan ISPU-nya.

"Pencemaran udara ini bukan karena asap saja, tapi juga dari kendaraan bermotor, asap pabrik dan polusi lainnya. Makanya harus ada di setiap daerah,"tambah Hardianto yang memimpin hearing.

Soal kebutuhan biaya untuk satu papan ISPU, Asri Auzar wakil ketua Komisi D menyebut angka Rp.6 miliar per satu unit papan ISPU tersebut.

"Sekitar 6 miliar satu ISPU. Harus dianggarkan. Karena ini kebutuhan,"timpal Asri.

Menanggapi permintaan dewan tersebut, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Riau Yuli Moesa menyetujui. Dia berjanji akan mengajukannya di tahun anggaran 2016 mendatang.(Frc/470*)

Thanks for reading Dewan Desak ISPU Dibangun Tiap Daerah di Riau | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments