Dipimpin Kapolri, Polda Riau Bersama LAMR Gelar Vaksinasi Covid-19

forumriau.com 10.2.22
forumriau.com
Kamis, 10 Februari 2022



Dipimpin Kapolri, Polda Riau Bersama 
LAMR Gelar Vaksinasi Covid-19

FORUMRIAU.COM - PEKANBARU: Kepolisian Daerah (Polda) Riau bekerja sama dengan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) melaksanakan vaksinasi Covid-19 di kota Pekanbaru bertempat di Balai Adat Melayu Riau, Rabu (9/2/2022). 

Pelaksanaan kegiatan vaksinasi bukan saja dilaksanakan di Riau melainkan dilaksanakan serentak se-Indonesia yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Prabowo M.Si melalui zoom meeting.

Pada kegiatan vaksinasi di Balai Adat Melayu Riau hadir Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar, Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Datuk Seri H.R. Marjohan Yusuf, Kapolda Riau Irjen M Iqbal, Ketua Umum DPH LAMR Kota Pekanbaru Datuk Seri Rizaldi, dan pengurus LAMR lainnya.

Kapolri dalam arahannya kepada seluruh Polda dan jajaran antara lain mengatakan target vaksinasi saat ini adalah masyarakat dengan usia rentan, karena dari angka-angka yang sudah ada, diperlukan strategi strategi khusus dalam pelaksanaan akselerasi vaksinasi Covid-19.

Saat ini, jelas Kapolri, angka tertinggi penyebaran Covid-19 terdapat di wilayah Jawa dan Bali, sehingga ia berharap pihak terkait di wilayah ini perlu memaksimalkan akselerasi vaksinasi.
Mantan Kabareskrim ini, berpesan, upaya melakukan akselerasi vaksinasi, karena 2 minggu ke depan cenderung penyebaran Covid-19 akan bisa bergeser. Sesuai, rata-rata pasien Covid-19 yang meninggal dunia adalah masyarakat lansia dan dinyatakan komorbit.

"Saya harap segera lakukan langkah langka percepatan, tentunya perlu melibatkan masyarakat yang ada untuk mengetahui masyarakat lansia yang belum di vaksin, terus lakukan kegiatan door to door," harap Kapolri.

Vaksinasi kali ini merupakan vaksin Covid-19 tahap I, II dan lanjutan (booster) dengan sasaran lansia, anak usia 6 sampai dengan 11 tahun dan vaksinasi dosis 3/booster dengan melibatkan vaksinator dari Rumah Sakit Bhayangkara Pekanbaru.

Usai mendengarkan sambutan Kapolri, Ketua Umum DPH LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar, Ketua Umum MKA LAMR Datuk Seri H.R. Marjohan Yusuf, Kapolda Riau Irjen M Iqbal, Ketua Umum DPH LAMR Kota Pekanbaru Datuk Seri Rizaldi, dan pengurus LAMR lainnya meninjau pelaksanaan vaksinasi dan memberikan bingkisan kepada peserta vaksin yang sudah melakukan vaksinasi.

Ketua Umum DPH LAMR Datuk Seri Syahril Abubakar di sela kegiatan vaksinasi memberi apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kapolri, Polda Riau beserta jajaran dan pihak-pihak lain yang telah berpartisipasi pada kegiatan vaksinasi ini.

"Kegiatan seperti suatu hal yang positif untuk membantu masyarakat dan mendukung pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19," kata Datuk Seri Syahril.

Kapolda Riau Irjen M Iqbal mengatakan langkah Polri ini membantu pemerintah daerah untuk penyelenggaraan vaksinasi sebagai tugas Polisi sebagai pelayanan mengayomi dan pelindung masyarakat.
"Kegiatan ini untuk mendukung pemerintah dalam menciptakan herd immunity bagi masyarakat Provinsi Riau. Sedangkan, pemberian bingkisan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat karena telah mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19," jelas Kapolda.

Sekretaris Umum DPH LAMR Datuk Yusman Hakim mengucapkan terima kasih kepada Polda Riau, Kementerian BUMN, PMI Riau, Rumah Sakit Bhayangkara, dan pihak lain yang tidak disebutkan satu per satu yang telah bekerja sama dengan LAMR dalam penyelenggaraan vaksinasi massal ini.

Mengenai bingkisan atau buah tangan yang diberikan kepada peserta vaksinasi, Menurut Datuk Yusman sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat karena telah mendukung pemerintah dalam penanganan Covid-19. 

Buah tangan yang diberikan antara lain paket berisi minyak goreng, multivitamin, mie instant, telur merah, dan lain-lain. "Telur merah adalah telur ayam yang diwarnai dengan warna merah yang dalam tradisi Melayu diberikan sebagai ungkapan terima kasih kepada yang menerimanya," kata Datuk Yusman.

Berdasarkan informasi yang diperoleh yang juga diekspose di salah satu media, untuk kegiatan vaksinasi di Balai Adat Melayu Riau disediakan 1500 dosis vaksin dengan rincian Sinovac 573 dosis, Pfizer 1667 dosis dan jenis Astra Zeneca 140 dosis.

Pada kegiatan ini melibatkan 40 orang tenaga kesehatan yang dibagi menjadi 8 tim yaitu Biddokes Polda 4 tim, RS. Bhayangkara, RS Awalbros, RS Aulia dan Zainab masing-masing 1 tim. 

"Sampai berakhirnya kegiatan vaksinasi Rabu sore, jumlah peserta yang sudah dilakukan vaksinasi sebanyak 940 orang," kata Datuk Yusman. ( r )

Thanks for reading Dipimpin Kapolri, Polda Riau Bersama LAMR Gelar Vaksinasi Covid-19 | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 comments on Dipimpin Kapolri, Polda Riau Bersama LAMR Gelar Vaksinasi Covid-19