Pemdes Kabako : mengkaryakan masyarakat melalui program PKT | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini -->

Pemdes Kabako : mengkaryakan masyarakat melalui program PKT

Pemdes Kabako : mengkaryakan masyarakat melalui program PKT.



FORUMRIAU.COM - KUANSING, Padat Karya Tunai merupakan program pemerintah berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat desa, khususnya yang miskin dan marginal, bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.Berdasarkan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pengaturan desa bertujuan antara lain untuk memajukan perekonomian masyarakat desa, mengatasi kesenjangan pembangunan, serta memperkuat masyarakat desa sebagai subyek pembangunan.

Dengan melalui Dana Desa ( DD ), Pemerintah Desa Kampung baru koto kecamatan Inuman kabupaten kuantan singingi melaksanakan program Padat Karya Tunai sehingga pembangunan di Desa diharapkan dapat lebih cepat menyelesaikan persoalan-persoalan di desa terutama yang terkait dengan kemiskinan, stunting, pengangguran. Untuk itu, pelaksanaan program padat karya tunai di Desa diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat, mengurangi angka gizi buruk, mengurangi kemiskinan, menggerakkan ekonomi Desa, serta mengembangkan kawasan pedesaan. Ada 2 (dua) hal yang menjadi sasaran program padat karya tunai, yaitu pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi masyarakat. Pokok pelaksanaan program padat karya tunai di desa adalah penganggaran kegiatan-kegiatan yang bersifat padat karya, yang diwajibkan untuk didanai dengan Dana Desa dalam APBDes.

Kegiatan Padat Karya Tunai yang telah di laksanakan di Lingkungan Desa Kampung baru koto berfokus pada kegiatan normalisasi Saluran Air (Selokan) yang ada di tiap Rw di Desa kampung baru koto dengan harapan kegiatan tersebut dapat mengurangi genangan air di pemukiman sekitar saluran Air (Selokan) ketika musim penghujan tiba.serta jalan menunju perkebunan masyarakat .

Khairul Selaku kepala desa kampung baru koto sebanyak kurang lebih 250 orang ikut serta dalam kegiatan PKT atau Padat Karya Tunai yang di selenggarakan oleh pemerintah desa kampung baru koto kecamatan Inuman kabupaten kuantan Singingi. Rabu (20/10/21)

kegiatan ini memang dari awal mempunyai tujuan untuk mengkaryakan warga sekitar dan memberikan income bagi warga yang turut serta dalam kegiatan PKT tersebut.ujar kepala desa kampung baru koto,Khairul.

meski kota jalur diguyur hujan sejak pagi hingga sore serta keadaaan lingkungan sekitar yang becek tidak menyurutkan antusias warga dalam usaha membersihkan lingkungan desa kampung baru koto ini selain mengkaryakan warga sekitar di harapkan kegiatan yang di laksanakan ini juga dapat mendongkrak perekonomian masyrakat apalagi dimasa pandemi covid 19 saat sekarang ini.ujar kades muda itu.

dituturkan warga yang enggan di sebut nama nya , mengaku senang dengan adanya kegiatan PKT ini . malah mereka berharap untuk kegiatan PKT ini dapat terus dilaksanakan setiap tahun nya.

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :