Cek Kesehatan Dengan Lihat Wajah Foto Anda Ini Temuan Ahli

forumriau.com 10.1.18
forumriau.com
Rabu, 10 Januari 2018
Cek Kesehatan Dengan Lihat Wajah Berikut Temuan Baru Ahli

Bila Anda merasa di bawah pengaruh cuaca, ini bisa terlihat jelas bagi orang-orang di sekitar Anda, terutama jika Anda memiliki gejala seperti batuk, pilek, atau jika Anda tidak bersikap normal.

Tetapi jika Anda mencoba menyembunyikan apa yang benar-benar Anda rasakan, wajah Anda mungkin memberi petunjuk halus bahwa Anda tidak sehat, menurut sebuah studi baru.

Dalam serangkaian percobaan yang diterbitkan dalam Prosiding Royal Society B, orang dapat secara akurat membedakan antara orang yang sakit dan sehat, dengan cepat, secara kebetulan, dan hanya dengan melihat foto mereka, seperti mengutip dari Time, Kamis (4/1/2018).

Untuk menguji apakah isyarat wajah saja bisa menunjukkan tanda-tanda penyakit, peneliti memberi 22 orang dewasa suntikan bakteri umum atau plasebo. Meskipun suntikan bakteri tidak membuat sukarelawan benar-benar sakit, itu menipu sistem kekebalan tubuh mereka dan memicu respons inflamasi. Segera setelah disuntik, mereka yang menerima bakteri mulai merasa mual.

Kira-kira dua jam setelah mereka disuntik, orang-orang diminta duduk untuk berfoto dengan ekspresi netral dan tidak memakai riasan wajah atau make up. Pada kesempatan terpisah, semua orang kembali dan menerima injeksi apa pun yang tidak mereka miliki untuk pertama kalinya, dan selanjutnya dipotret lagi.

Kemudian, 62 sukarelawan tambahan diperlihatkan foto dari tahap pertama percobaan. Setengah diambil setelah suntikan bakteri, dan setengah diambil setelah plasebo. Relawan melihat setiap foto selama 5 detik dan diminta untuk menilai apakah orang yang digambarkan terlihat sakit atau sehat.

Setelah hampir 3.000 peringkat, relawan menilai orang-orang di foto tersebut sakit 41persen dari waktu. Mereka menerima skor akurasi keseluruhan 0,62, pada skala di mana 0,5 mewakili keacakan lengkap dan 1,0 merupakan identifikasi sempurna.

“Hasil ini menunjukkan bahwa orang-orang yang tidak terlatih dapat, di atas tingkat kebetulan, mengidentifikasi individu yang sakit akut dari sekedar mengamati foto selama beberapa detik,” tulis para penulis di koran mereka. “Ini mendukung anggapan bahwa manusia memiliki kemampuan untuk mendeteksi tanda-tanda penyakit pada fase awal setelah terpapar rangsangan menular.”

Para periset juga menunjukkan foto yang sama ke kelompok kedua yang terdiri dari 60 pemirsa, kali ini meminta mereka untuk menilai karakteristik spesifik kulit, mata dan mulut orang-orang.

Bibir pucat adalah fitur yang paling banyak diidentifikasi pada subyek yang telah menerima infeksi bakteri. Kulit pucat, wajah bengkak, sudut pipih di mulut, kelopak mata yang menggantung dan mata merah juga lebih cenderung pada orang sakit dibandingkan orang sehat.

“Ini sesuai dengan fakta bahwa kemerahan menandakan penampilan yang sehat dan menarik baik pada manusia maupun hewan,” tulis para penulis.

“Tentu saja, beberapa karakteristik ini tumpang tindih karena kurang tidur atau sedih, dan tidak semua orang dengan sifat ini benar-benar sakit atau menular,” mereka menambahkan.

Peroset mengatakan masuk akal bahwa orang-orang dalam penelitian ini tidak lebih baik dalam mendeteksi penyakit dari foto saja, mengingat mereka hanya melihat-lihat gambarnya sebentar.

Penilaian dalam keadaan kehidupan nyata mungkin jauh lebih akurat, mereka berhipotesis, karena orang dapat mengolah gaya-gaya seperti isyarat lainnya, bau badan dan ucapan, misalnya-bersama dengan karakteristik wajah.

Orang-orang yang difoto untuk penelitian itu semua berkulit putih, seperti juga sebagian besar sukarelawan yang menilai foto-fotonya. Temuan penelitian juga terbatas pada “penyakit umum” yang disebabkan oleh respon kekebalan tubuh, dan mungkin tidak berlaku untuk penyakit atau jenis penyakit lainnya.

Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami seberapa banyak manusia yang telah menggunakan kemampuan bawaan ini, untuk “memindai tanda-tanda penyakit” di rekan-rekan mereka dan bagaimana hal itu dapat tumpang tindih dengan emosi seperti kegelisahan, ketakutan, kepercayaan dan ketertarikan kepada orang lain.(drsc)

Thanks for reading Cek Kesehatan Dengan Lihat Wajah Foto Anda Ini Temuan Ahli | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments