Awas Minum Berdiri Berikut Dampaknya Menurut Ahli | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Awas Minum Berdiri Berikut Dampaknya Menurut Ahli

Awas Minum Berdiri Berikut Dampaknya Menurut Ahli

Anda pasti pernah minum air putih sambil berdiri, namun banyak kebiasaan ini dibiarkan oleh banyak orang tua meski kebiasaan itu anda lakukan sejak kecil bahkan hingga sekarang.

Ada juga orang tua melarang anak mereka minum dalam keadaan berdiri, terkadang teguran itu hanya dianggap sebuah takhayul, ternyata apa yang diperintahkan orangtua Anda, tampaknya memiliki sisi ilmiah.

Namun, kebiasaan yang terlihat sepele ini kerap dilakukan tanpa disadari. Seperti contohnya ketika Anda olahraga berlari, pasti meminum air sambil berdiri, atau ketika baru pulang dari tempat kerja, Anda langsung mengambil air dan segera meminumnya dengan keadaan berdiri.

Nah, Lebih baik minum air putih dalam posisi duduk. Itu membuat Anda tidak akan menghadapi konsekuensi buruk jika Anda minum air dalam posisi berdiri. Tapi tetap saja, ketahui lebih banyak untuk mengetahui mengapa duduk lebih baik saat minum air daripada berdiri. Berikut dampanya jika minum air sambil beriri, seperti melansir dari Boldsky.

1. Air langsung mengalir ke pencernaan
Jika Anda berada dalam posisi berdiri sambil minum, maka air putih langsung mengalir seperti air terjun melalui pencernaan makanan. Air menuju dinding perut dengan kekuatan yang sama dan ini bisa menyebabkan kerusakan ringan pada daerah sekitarnya.

2. Rasa haus tidak cepat hilang
Bahkan rasa haus Anda pun tidak hilang jika Anda meminum air dalam posisi berdiri. Cobalah minum air putih dalam posisi duduk dan rasakan bedanya.

3. Air menabrak serabut otot jantung
Air bisa menabrak sfingter (serabut otot) jantung saat Anda minum dalam posisi berdiri. Bisa juga mengganggu asam lambung, bahkan juga bisa menyebabkan kejang otot di daerah perut. Dalam beberapa kasus, hal itu dapat menyebabkan rasa sakit di daerah itu.

4. Filtrasi air terganggu
Air juga bisa melewati ginjal dengan kekuatan yang sama. Hal ini dapat mengganggu proses filtrasi alami atau penyaringan air yang masuk ke dalam pencernaan. Kotoran bisa terakumulasi di kandung kemih atau dalam beberapa kasus, seperti kencing berdarah.

5. Menyebabkan nyeri sendi
Beberapa sumber juga mengklaim bahwa minum air dalam posisi berdiri juga bisa menyebabkan nyeri sendi atau artritis. Ini bisa mengganggu keseimbangan cairan pada tubuh.

6. Seperti ‘mengirim tsumami’ ke dalam tubuh
Menurut kebiasaan kuno, air harus dikonsumsi dalam posisi duduk. Tujuannya adalah agar air dapat mengalir ke pencernaan secara perlahan. Jika meminum air sembil berdiri dengan jumlah air yang lebih banyak, itu seperti ‘mengirim tsunami’ ke dalam tubuh Anda!

7. Mempengaruhi warna urine
Warna urine adalah indikator yang baik untuk kebiasaan Anda meminum air. Jika urine anda bening, Anda baik-baik saja. Namun jika urine Anda berwarna gelap, Anda mungkin perlu minum lebih banyak.

Itulah tujuh dampak buruk bagi kesehatan jika seseorang sering minum dalam keadaan kondisi berdiri. Ada baiknya kebiasaan minum sambil berdiri dihentikan.

(drsc)

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid
    Prof.DR.Yusril Ihza Mahendra.SH.MSc : Jadi sekali lagi, islam bukanlah sebuah ideologi.

    Ondeh..Pemko Pekanbaru Bayar Lahan Perkantoran ke Si Aseng Rupanya

    Lahan perkantoran Pemko Pekanbaru yang izinnya cacat hukum, rupanya dibeli ke si Aseng. Hal ini ditemukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) R...

    Video Pilihan: