47.000 Warga Payung Sekaki Dihimbau Tertib E-KTP | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

47.000 Warga Payung Sekaki Dihimbau Tertib E-KTP

47.000 Warga Payung Sekaki Dihimbau Tertib E-KTP
Sebanyak 117.000 warga Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, dicatat dan telah terdata dalam rekaman E-KTP.

Namun tertib administrasi kependudukan yang telah siap Kartu Tanda Pendudik Elektronik (KTP-el) atau E-KTP nya baru 70.000-an.

Sehingga masih tersisa sebanyak 47.000 an warga yang belum melengkapi rekam E-KTP untuk tertib administrasi kependudukannya.

FORUMRIAU.COM - Untuk itu, Zarman Chandra SAp sebagai Camat Payung Sekaki menghimbau agar warga yang masih belum mendatakan dirinya untuk E-KTP, agar segera mengurusnya sebagai tertib administrasi.

"Memang kita tidak sepenuhnya menyalahkan masyarakat karena diakui telah terjadi kekurangan blanko tempo lalu, dan saat ini telah kembali, dibuka kepengurusan," kata Zarman, ditemui forumriau.com, Kamis 9 November 2017, di ruang kerjanya.

Meski selama ini banyak warga mengeluh adanya keterlambatan proses pengeluaran KTP, namun Zarman menyatakan bahwa proses pengeluaran E-KTP tersebut diakui wewenang pemerintah pusat.

"Diakui adanya warga yang komplain terjadi masalah E-KTP tak kunjung selesai, padahal sudah diurus secara adminitrasinya. Perlu diketahui, bahwa wewenang kecamatan adalah proses rekap data warga. Ini wajib dilakukan bersama oleh warga di Kecamatan. Yang jelas, secara adminitrasi warga dan kecamatan telah melakukan tugasnya. Untuk waktu siapnya E-KTP, maka wewenangnya tergantung pada Disdukcapil dan pemerintah pusat. Warga perlu bersabar, yang terpenting itu rekam E-KTP setiap warga telah dilakukan agar penyelesaiannya juga cepat dari pusat," terang Zarman.

Untuk perekaman data warga di Kecamatan telah disediakan petugas dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Sehingga warga yang datang dari banyak kelurahan dapat menunggu untuk direkam langsung datanya.

"Untuk perekaman data warga mengurus E-KTP, ada petugas dari Disdukcapil di kantor Kecamatan. Hasil rekaman data warga ini akan diteruskan ke pemerintah pusat untuk diterbitkan E-KTP-nya. Jadi, kecamatan hanya membantu untuk masalah kepengurusannya saja. Nah, pelayanan Kecamatan kita Payung Sekaki terhadap warga, saya telah instruksikan kepada jajaran supaya melakukan dengan baik, dengan slogan 3S yaitu sekali sapa senyum," kata Zarman diiringi senyuman.

Pengurusan E-KTP, kata Zarman, bertujuan untuk valid-nya data penduduk tempatan, penduduk pindahan, jumlah penduduk yang semuanya itu dengan tujuan tertib administrasi.(frc/doni) Liputan: Putra Waltadoni | Editor: Surya Koto

Perlu dilihat: Saat Kata Hancur Negara Era Jokowi Mulai Terbukti


Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: