Betulkah Sariawan Obatnya Adalah Vitamin C | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Betulkah Sariawan Obatnya Adalah Vitamin C



Salah satu penyakit yang cukup mengganggu adalah sariawan. Bagaimana tidak, saat sariawan menjangkit, kita akan merasakan sakit bagian dalam mulut seperti langit-langit, gusi, lidah, atau bagian lainnya yang terluka ini.

Sariawan bahkan bisa menjadi semakin parah hingga kita tidak nyaman untuk berbicara atau menyantap makanan.

Kebanyakan orang menganggap sariawan sebagai penyakit yang disebabkan oleh kurangnya vitamin C pada tubuh.

Padahal, menurut pakar kesehatan, hal ini ternyata tidak tepat adanya. Drg. Eri Wisha Dewi, Sp.KG yang berasal dari Jogja International Hospital menyebutkan bahwa ada cukup banyak penyebab dari sariawan, namun, kebanyakan orang akan langsung menduga jika hal ini disebabkan oleh vitamin C.

Adanya dugaan ini sepertinya disebabkan oleh pengetahuan dimana vitamin C mampu mempengaruhi daya tahan tubuh sehingga jika kita kekurangan asupan vitamin C ini, daya tahan tubuh melemah dan akhirnya kita terkena sariawan.

Menurut drg. Eri, sariawan memang disebabkan oleh menurunnya daya tahan tubuh kita. Hanya saja, hal ini juga dipicu oleh hal lain seperti kondisi tubuh yang sedang stress atau bagian dalam mulut yang terkena trauma karena tanpa sengaja tergigit.

Tak hanya itu, sariawan juga bisa disebabkan oleh kebiasaan kita tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik hingga mengkonsumsi minuman tertentu yang bisa menyebabkan sariawan.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut demi mencegah sariawan.

Tak hanya itu, berhati-hatilah saat menyikat gigi atau makan agar tidak mudah menyebabkan luka pada mulut yang bisa menyebabkan sariawan.

Beberapa makanan yang terlalu panas juga bisa menyebabkan masalah kesehatan ini.

Meskipun bukan dianggap sebagai penyebab sariawan, ada baiknya kita tetap menjaga asupan vitamin C dan berbagai nutrisi yang berasal dari makanan sehat lainnya karena bisa membuat daya tahan tubuh kita meningkat sehingga kita pun tidak akan mudah terkena penyakit.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel pilihan google :

    Terbaru :

    Video Pilihan: