Awas Bunda, Salah Masak Bumbu Mie Instan Picu Kanker

forumriau.com 3.5.17
forumriau.com
Rabu, 03 Mei 2017
Bumbu mie instan kerap jadi bahan yang memicu kanker bagi tubuh. Hal ini sebenarnya tidak akan terjadi jika cara memasknya dengan benar. Menururt ahli kesehatan, cara salah memasak mie diakui akan dapat menjadikan bumbu mie instan jadi pemicu kanker.

Mie instan adalah salah satu makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya mudah untuk dibuat, mie instan yang kini memiliki beraneka ragam rasa ini sangat nikmat untuk dikonsumsi.

Sayangnya, dibalik kenikmatan ini, cukup banyak kabar tak sedap yang menyebutkan bahwa konsumsi mie instan bisa memicu berbagai penyakit berbahaya, khususnya penyakit kanker.

Cukup banyak orang yang percaya bahwa bumbu mie instan yang bisa membuat mie terasa nikmat ini mampu menyebabkan kanker. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan MSG atau monosodium glutamate di dalam bumbu tersebut.

Jika bumbu ini dimasak dalam suhu sekitar 120 derajat Celcius, maka bahan penguat rasa ini akan mengalami perubahan struktur kimia dan bisa memicu keracunan. Jika bumbu ini dipanaskan pada suhu 150 hingga 200 derajat Celcius, maka MSG memang berpotensi menjadi pemicu kanker.

Beruntung, kebanyakan dari kita baru mencampur bumbu ini setelah mie instan dimasak tersendiri terlebih dahulu. Setelah ditiriskan, barulah kita mencampurkan bumbu mie instan ini agar bisa memberikan rasa yang enak. Tindakan ini ternyata tidak akan memicu penyakit kanker.

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa hingga saat ini, belum ada penelitian ilmiah yang menyebutkan bahwa konsumsi mie instan bisa memicu kanker. Hal ini disebabkan oleh faktor penyebab penyakit kanker yang biasanya disebabkan oleh mutasi genetik, faktor keturunan, infeksi, virus, atau gaya hidup yang buruk.

Hanya saja, konsumsi mie instan ini memang kurang baik bagi kesehatan mengingat makanan ini kaya kalori namun rendah nutrisi. Jika kita kerap mengkonsumsinya, maka kita pun akan beresiko tinggi terkena masalah obesitas, tekanan darah tinggi, peningkatan kadar gula darah, dan juga serangan jantung.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak terlalu sering mengkonsumsi mie instan demi kesehatan tubuh.(drsc)

Thanks for reading Awas Bunda, Salah Masak Bumbu Mie Instan Picu Kanker | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments