Aduh, Dokter Ungkap Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan

forumriau.com 10.4.17
forumriau.com
Senin, 10 April 2017
Meskipun sudah berkali-kali disebut sebagai makanan yang tidak sehat, dalam realitanya cukup banyak orang yang masih suka mengkonsumsi mie instan.

Mie instan memang bisa menawarkan rasa yang cukup nikmat. Selain itu, saat terburu-buru atau tidak memiliki bahan makanan lainnya, mie instan memang bisa menjadi solusi yang mudah untuk mengatasi rasa lapar. Sebenarnya, seberapa seringkah kita boleh makan mie instan agar tubuh kita tetap sehat?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mie terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang memiliki kandungan karbohidrat. Hal ini berarti, jika mengkonsumsi mie instan, kita sudah mendapatkan sumber energi yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktifitas.

Sayangnya, mie instan hanya memiliki kandungan serat yang sangat rendah. Alhasil, mengkonsumsi mie instan secara berlebihan atau terlalu sering bisa membuat kita beresiko tinggi terkena obesitas, penyakit jantung, atau bahkan diabetes mellitus.

Tak hanya nutrisi di dalam mie instan yang miskin akan serat, kandungan MSG pada bumbu mie instan juga patut diwaspadai. Beberapa penelitian kesehatan menyebutkan bahwa MSG ini bisa memicu alergi atau bahkan kanker jika dikonsumsi dengan berlebihan.

Melihat adanya fakta-fakta ini, ada baiknya jika mengkonsumsi mie instan bersama dengan bahan makanan lainnya seperti sayuran wortel, kol, atau sawi.

Selain itu, beberapa sumber protein layaknya daging ayam, telur, atau udang juga bisa ditambahkan dalam mie instan. Namun, juga harus berhati-hati dalam memilih sumber protein karena jika mengkonsumsinya berlebihan atau terlalu sering, bisa jadi masalah berupa naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.

Lantas, seberapa sering kita diperbolehkan untuk makan mie instan? Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan mie instan setidaknya satu atau dua bungkus saja setiap minggunya. Meskipun memang terasa enak, ada baiknya memang kita tidak terlalu sering mengkonsumsinya.(drsc)

Thanks for reading Aduh, Dokter Ungkap Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments