Pakar Ungkap Waktu Bangun yang Sehat Untuk Tubuh | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Pakar Ungkap Waktu Bangun yang Sehat Untuk Tubuh

Melihat banyaknya orang yang terkena berbagai penyakit berbahaya dan mematikan, kini cukup banyak orang yang memilih untuk mengadopsi gaya hidup sehat.

Tak hanya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dan berolahraga secara rutin, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk menjaga kualitas tidur jika ingin hidup dengan lebih sehat.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan sebuah fakta menarik tentang tidur, dimana orang-orang yang bangun tidur pada jam-jam tertentu ternyata cenderung hidup dengan lebih sehat. Kapan sajakah waktu bangun tidur tersebut?

Penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal kesehatan berjudul Obesity ini menyebutkan bahwa mereka yang rajin bangun pagi ternyata cenderung hidup dengan lebih sehat jika dibandingkan dengan mereka yang terbiasa untuk bangun siang.

Courtney Peterson, PhD, salah seorang peneliti, menyebutkan bahwa morning person, orang-orang yang rutin bangun pagi, cenderung mencegah munculnya obesitas dengan lebih baik jika dibandingkan dengan night owls, mereka yang suka begadang atau bangun tidur lebih siang.

Menurut beliau, para morning person ini memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan yang lebih sehat di pagi hari.

Penelitian yang dilakukan dengan menganalisa data dari 2 ribu orang secara acak ini ditujukan untuk mencari tahu kaitan antara jam tidur biologis dengan pilihan makanan sehari-hari.

Hasilnya adalah, mereka yang bangun pagi memang cenderung lebih suka mengkonsumsi makanan sehat setiap harinya jika dibandingkan dengan mereka yang suka begadang dan bangun siang. Para night owls ternyata cenderung lebih suka makanan yang kaya akan gula, tinggi garam, dan makanan gurih yang kaya lemak.

Lantas, kapankan waktu bangun tidur yang bisa membuat seseorang cenderung memilih untuk mengkonsumsi makanan sehat?

Peterson menyebutkan bahwa bangun jam 5 atau jam 6 pagi bisa membuat kita menjalani hidup dengan lebih sehat karena akan membuat kita sempat menikmati sinar matahari pagi dan melakukan aktifitas fisik, serta mengkonsumsi sarapan pagi yang menyehatkan tubuh sehari-hari.
(drsc)***

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel pilihan google :

    Terbaru :

    Video Pilihan: