Berjalan Ketika Tidur, Ini Fakta Medisnya

forumriau.com 7.9.16
forumriau.com
Rabu, 07 September 2016
Berjalan dalam tidur adalah gangguan yang menyebabkan orang untuk bangun dan berjalan saat mereka sedang tidur.

Tidur sendiri memiliki beberapa tahapan gelombang. Berjalan dalam tidur, atau yang sering disebut sebagai sleepwalking, biasanya terjadi ketika seseorang berpindah tahap gelombang tidur, ke dalam tahap gelombang tidur yang lebih ringan atau ke status terjaga.

Orang yang mengalaminya tidak dapat merespon rangsang apapun selama sleepwalking dan biasanya tidak mengingatnya. Dalam beberapa kasus, ia mungkin berbicara dan melakukan hal yang tidak masuk akal.

Sleepwalking sebagian besar terjadi di masa kecil, biasanya antara usia 4–8 tahun. Tapi orang dewasa bisa melakukannya juga.

Gejala
Ketika seseorang yang sedang tidur lalu berjalan, mereka mungkin diam-diam berjalan di sekitar kamar mereka. Atau mereka mungkin menjalankan atau mencoba untuk “melarikan diri.”

Biasanya, mata pejalan tidur terbuka dengan tatapan berkaca-kaca saat menjelajah rumah. Jika Anda menanyainya, dia menjadi lambat untuk merespon atau tidak merespon sama sekali.

Ketika dia kembali ke tempat tidur tanpa membangunkannya, dia biasanya tidak akan mengingat apapun yang dia lakukan ketika sleepwalking. Anak yang lebih tua mungkin bangun lebih mudah pada akhir episode sleepwalking.

Penyebab
Beberapa hal dapat menyebabkan tidur sambil berjalan. Hal ini dapat juga merupakan genetika, yang ada di dalam keluarga. Kembar identik lebih cenderung untuk berjalan dalam tidur.

Jika Anda memiliki orangtua, saudara, atau saudara perempuan yang tidur sambil berjalan, Anda 10 kali lebih mungkin untuk cenderung mengalami sleepwalking daripada orang yang tanpa riwayat keluarga berjalan dalam tidur.

Anda mungkin juga memiliki gangguan jika Anda:
Kurang tidur
Memiliki jadwal tidur yang kacau
Sedang stress
Mabuk

Mengkonsumsi obat-obatan seperti obat penenang-hipnotik (yang mampu membuat relaksasi atau tidur), neuroleptik (digunakan untuk mengobati psikosis), stimulan (yang meningkatkan aktivitas), dan antihistamin (digunakan untuk mengobati gejala alergi) kondisi medis yang telah dikaitkan dengan sleepwalking meliputi:


  1. Masalah irama jantung
  2. Demam
  3. Mulas
  4. Asma malam hari
  5. Kejang malam hari
  6. Apnea obstruktif tidur (suatu kondisi di mana Anda berhenti bernapas sebentar saat tidur)
  7. Sindrom kaki gelisah (restless leg syndrome)
  8. Gangguan kejiwaan, misalnya, gangguan stres pasca trauma, serangan panik, atau status disosiatif, seperti gangguan kepribadian ganda
(drsc)

Thanks for reading Berjalan Ketika Tidur, Ini Fakta Medisnya | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments