Ngeri..Ditemukan Kutu Kepala Kebal Obat Pembasminya | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Ngeri..Ditemukan Kutu Kepala Kebal Obat Pembasminya

Mengejutkan, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan sebuah fakta tentang kutu. Dimana ada kutu rambut yang berjenis super yang bisa bertahan dari obat-obat kutu yang ada di pasaran.

Penelitian yang kemudian disebarluaskan oleh Journal of Medical Entimology ini sudah menyebar dengan sangat cepat di 48 negara bagian di Amerika Serikat. Kutu yang ditemukan mampu bertahan dari obat kutu yang memiliki kandungan piretroid.

Bagaimana hal ini bisa terjadi?
Penelitian ini sendiri dilakukan di Southern Illinois University di Edwardsville dimana salah seorang peneliti bernama dr. Kyoong Yoon.

Menurutnya, pertama kali kutu ini ditemukan pada tahun 2000. Peneliti pun kemudian mengumpulkan berbagai macam sampel kutu yang ada pada 138 lokasi di Amerika Serikat.

Dimana 98 dari sampel kutu-kutu tersebut ternyata sudah memiliki ketahanan dari obat kutu yang tersedia di pasaran. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan kutu ini memiliki kemampuan bernama knockdown resistance (KDR) atau mampu melawan kandungan piretroid dengan sangat baik.

Dr. Kyoong Yoon menyebutkan kutu rambut ini seringkali muncul pada rambut anak-anak. Sehingga orang tua kini disarankan untuk lebih mewaspadai kondisi kesehatan dan kebersihan rambut anaknya.

Jika ditemukan kutu pada rambut anak-anak, maka ada baiknya segera memeriksakan kondisi ini ke dokter spesialis anak atau dokter spesialis kulit anak.

Supaya bisa mendapatkan penanganan yang tepat karena belum tentu kutu tersebut bisa dihilangkan dengan obat kutu biasanya.

Menurut dr. Kyoong Yoon, sebenarnya kutu-kutu ini masih bisa dihilangkan dengan obat kutu khusus yang memiliki bahan pyrethrins dan juga piperonil butoksida.

Hanya saja, mengingat pengetahuan mengenai komposisi obat biasanya tidak dimiliki oleh orang awam, ada baiknya memang pemeriksaan ke dokter menjadi lebih diutamakan agar kutu ini tidak menyebar ke orang lain.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: