LSP Jasaboga Indonesia & PPJI Riau Gelar Uji Kompetensi di Tiga Bidang | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini -->

LSP Jasaboga Indonesia & PPJI Riau Gelar Uji Kompetensi di Tiga Bidang


LSP Jasaboga Indonesia & PPJI Riau 
Gelar Uji Kompetensi di Tiga Bidang 

FORUMRIAU.COM _ PEKANBARU: Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Jasaboga Indonesia  bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Daerah Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (DPD PPJI) Provinsi Riau akan menyelenggarakan Program Uji.

Kompetensi untuk sertifikasi profesi di tiga bidang yaitu bagi Food Handling (penjamah makanan), Cook dan Waiter, di TikTok Creative Hub yang juga 
Sekretariat PPJI Riau, Jl. Arifin Ahmad Pekanbaru, Selasa (27/10/2020).

Ketua DPD PPJI Riau Alfa Nonie mengatakan uji kompetensi yang akan diikuti sebanyak 60 peserta ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkecimpung di industri kuliner.

"Melalui kegiatan ini diharapkan pengusaha kuliner di Provinsi Riau dapat menghasilkan produk kuliner yang berkualitas dan standar pelayanannya bisa disamakan dengan standar nasional sehingga daya saingnya meningkat," kata Alfa Nonie.

Menurut Nonie, kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK) Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang kembali digelar tahun ini. 
Sertifikasi bertujuan selain untuk meningkatkan pengetahuan peserta akan standarisasi produk, juga sebagai modal agar bisa bersaing dengan usaha jasa boga lainnya. 

Standarisari usaha jasa boga sendiri tertuang dalam Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Permen Parekraf) Nomor 18/2014. Dalam peraturan tersebut menyebutkan semua hal yang berkaitan dengan produk, pelayanan, dan pengelolaan diatur sebagaimana mestinya.

Ketua Pelaksana Uji Kompetensi Arfah Dwi Sartika mengatakan berbicara kualitas kuliner tidak lepas dari masalah kompetensi dan standardisasi pelaku dan produk kuliner, temasuk hygene sanitasinya. 

"Indonesia sangat terkenal dengan surganya kuliner, produk pangan Indonesia sangat berkualitas dan beragam. Saat ini pertumbuhan usaha kuliner khususnya di Riau sangatlah pesat, oleh karena itu perlunya kita memiliki kompetensi dan pengetahuan tentang standar kualitas bagi pelaku bisnis terhadap produk kuliner yang disajikan," kata Arfah.

Masih banyak pelaku usaha kuliner belum memiliki personil yang tersertifikasi kompetensinya. kegiatan ini menjadi alasan dibuatnya Program Uji Kompetensi untuk sertifikasi profesi di tiga bidang yaitu Food Handling, Cook dan Waiter. Personil yang kompeten dapat meningkatkan kualitas SDM dan mampu menjaga kualitas produk.
Para peserta yang ikut dalam kegiatan ini akan dibekali dengan pentingnya sertifikasi profesi dan bimbingan teknis terkait pengetahuan tentang profesi yang di uji kompetensinya juga mendapat edukasi tentang bagaimana meningkatkan pelayanan, kualitas produk dan pengelolaan bahan pangan.  (ril)

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Ondeh..Pemko Pekanbaru Bayar Lahan Perkantoran ke Si Aseng Rupanya

    Lahan perkantoran Pemko Pekanbaru yang izinnya cacat hukum, rupanya dibeli ke si Aseng. Hal ini ditemukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) R...