Berikut Waktu Terbaik Untuk Makan Menurut Pakar | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Berikut Waktu Terbaik Untuk Makan Menurut Pakar

Mengingat apa yang kita makan bisa menentukan kondisi kesehatan tubuh, maka ada baiknya tidak sembarangan dalam mengkonsumsi makanan di setiap waktu.

Tak hanya selalu memastikan makanan yang kita konsumsi memiliki kadar gizi yang seimbang, ada baiknya juga memperhatikan frekuensi dan waktu yang tepat untuk melahap makanan.

Pakar kesehatan Valter Longo, Ph.D yang berasal dari University of Southern California, Amerika Serikat menyebutkan, bahwa meskipun kita sudah mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, namun jika kita memakannya hingga lima atau enam kali dalam sehari, maka tubuh justru akan beresiko terkena masalah kesehatan.

Hal ini disebabkan oleh tubuh manusia yang sebenarnya tidak didesain untuk makan sepanjang waktu.

Sayangnya, kebanyakan orang akan tetap terus makan atau ngemil terkecuali saat mereka tertidur. Karena alasan inilah kasus kegemukan sangat banyak terjadi di seluruh dunia.

Lantas, bagaimanakah kita sebaiknya menata waktu makan untuk kesehatan?
Diakui anjuran untuk makan tiga kali sehari dan diselingi dengan konsumsi camilan diantara waktu makan dalam tiga kali sehari.

Hanya saja, camilan ini juga tidak boleh yang sembarangan karena jika camilan ini tidak sehat, tubuh akan meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes atau penyakit jantung.

Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk mengkonsumsi camilan yang tidak melebihi 100 kalori. Camilan seperti buah-buahan yang memang kaya akan nutrisi yang menyehatkan sangat dianjurkan para pakar.

Dalam sebuah penelitian kesehatan yang dilakukan di University of Pennsylvania, ditemukan fakta bahwa, waktu terbaik untuk makan adalah diantara jam 8 pagi hingga jam 7 malam.

Dalam penelitian ini, sekelompok partisipan diminta untuk makan 3 kali sehari diantara jam 8 pagi dan jam 7 malam selama 8 pekan.

Sementara itu, kelompok partisipan lainnya diminta untuk makan dari tengah hari hingga jam 11 malam.

Hasilnya adalah, mereka yang makan pada durasi waktu pertama cenderung mampu menurunkan berat badannya dengan baik dan mengalami perbaikan kondisi kolesterol, trigliserida, hingga kadar gula darah.

Hal yang sealiknya justru terjadi pada kelompok kedua. Mereka yang makan dimulai pada tengah hari hingga pukul 11 malam cenderung bermasalah dengan kesehatan.

Pakar kesehatan Namni Goel, Ph.D menyebutkan bahwa waktu makan yang kedua atau yang lebih dekat dengan waktu tidur cenderung berpengaruh buruk bagi sistem metabolisme tubuh.

Hal ini berimbas pada terganggunya ritme tubuh saat memproduksi hormon dan akhirnya memicu kegemukan. Untuk itu, sebaiknya pola waktu makan malam sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan.(drsc)
Perlu dilihat : Artis Jepang Ungkap Teknik Pernapasan Kecilkan Perut

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel pilihan google :

    Terbaru :

    Video Pilihan: