Ketahui Daun Salam Serta Khasiatnya Untuk Kesehatan | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Ketahui Daun Salam Serta Khasiatnya Untuk Kesehatan

Jika pada masa libur mudik lebaran nanti, tidak sedikit orang mengabaikan tanaman yang biasa ada di kampung halamannya. Waktu liburan mereka seakan habis hanya dengan bersua sanak saudara di suasana desa yang segar.

Biasanya, makanan dan minuman yang disajikan tidak lepas dari bumbu masakan yang alami tersedia dari tumbuhan pedesaan. Para traveler, yang biasa menyusuri alam pedesaan, mesti tahu sedikitnya tentang tumbuhan ini. Ya, inilah daun salam sebagai penyedap masakan di daerah pedesaan.

Selain pelengkap penyedap masakan, daun salam rupanya punya manfaat untuk kesehatan jika diminum dengan aturan. Apa saja manfaat daun salam bagi kesehatan menurut ahli kesehatan?

Mengobati Batuk
Manfaat daun salam bagi penderita batuk bisa diobati dengan menyeduh dua lembar daun salam dengan air panas. Air rendaman daun salam ini dapat diusapkan ke dada menggunakan kain. Hal ini diyakini meredakan batuk bagi penderitanya.

Jika di pedesaan, para orang tua dulunya merendam dan merebus daun salam ini satu wadah dalam jumlah banyak untuk digunakan airnya sebagai bahan mandi membersihkan badan.

Mengobati darah tinggi
Daun salam jika direndam sebanyak 10 lembar dengan air panas maka air rendamannya dapat diminum. Jika rutin meminum air rendaan daun salam sekali sehari, maka sangat membantu menurunkan tekanan darah secara perlahan dan hasilnya memuaskan.

Mencegah dan obat diabetes
Karena daun salam mengandung antioksidan, maka sangat baik untuk membantu produksi insulin bagi tubuh. Sehingga daun salam dapat menjadi obat yang mencegah diabetes militus. Jika rutin menium air rebusannya setiap hari, maka penyakit diabetes akan jauh dari tubuh.

Mencegah kanker dan sakit jantung
Daun salam punya kandungan parthenolide yang punya manfaat menekan sel kanker serviks pada wanita. Untuk itu, wanita dianjurkan rutin meminum air rebus daun salam.

Sedangkan kandungan asam caffeic dan salisilat dalam daun salam, secara umum, kandungan ini juga mencegah kanker lainnya seperti kanker jantung.

Jika tahu sebanyak ini manfaat daun salam yang mudah tumbuh di daerah pedesaan, maka ada baiknya mengkonsumsi daun salam ini dengan berbagai cara diatas. Supaya badan atau tubuh dapat segar dan bugar menjadi sehat secara alami.

Pohon salam juga mudah ditanam di pekarangan rumah daerah perkotaan yang sedikit lahannya. Selamat berliburan.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel pilihan google :

    Terbaru :

    Video Pilihan: