Awas, Ahli Ungkap Bahaya Menahan Kentut Bagi Kesehatan | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Awas, Ahli Ungkap Bahaya Menahan Kentut Bagi Kesehatan

Banyak orang yang memilih untuk menahan kentutnya saat berada diantara banyak orang karena takut bau kentutnya bisa mengganggu orang lain.

Menurut pakar kesehatan, bau kentut memang bisa berbau menyengat karena adanya gas hidrogen sulfida yang memang dihasilkan oleh saluran pencernaan.

Sayangnya, menahan kentut ternyata sangat tidak baik untuk kesehatan, khususnya bagi saluran pencernaan. Apa sajakah dampak buruk menahan kentut tersebut?

Menurut pakar kesehatan, kebiasaan menahan kentut ternyata bisa membuat perut terasa tidak nyaman dan kembung. Bahkan, menurut pakar kesehatan, gas kentut yang tak kunjung dikeluarkan bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi usus besar.

Dengan mengeluarkan bau kentut yang busuk, kita justru bisa mengetahui apakah tubuh sedang mengalami masalah kesehatan atau tidak.

Biasanya, bau kentut busuk yang bisa bertahan hingga berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan menandakan bahwa tubuh mengalami intoleransi pada makanan tertentu atau bahkan kanker usus besar yang tentu harus segera diperiksakan ke dokter.

Terdapat beberapa fakta tentang kentut yang berkaitan erat dengan kondisi kesehatan. Sebagai contoh, hidrogen sulfida yang membuat kentut berbau menyengat ternyata bisa menyebabkan masalah kesehatan andai dihirup dalam jumlah yang besar.

Namun, jika hanya dihirup dalam jumlah kecil, hal ini justru bisa mencegah beberapa masalah kesehatan tertentu. Selain itu, sebuah survei menunjukkan fakta menarik dimana mereka yang bertubuh langsing cenderung lebih sering kentut.

Hal ini disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat layaknya kubis atau kembang kol yang ternyata bisa membuat produksi gas lebih banyak saat dicerna pada perut.

Tak hanya membuat merasa lebih lega, mengeluarkan kentut ternyata bisa membuat kita mencegah berbagai masalah kesehatan atau mengetahui apakah kita terkena masalah kesehatan tertentu atau tidak.

Hanya saja, ada baiknya memang kita menyingkir terlebih dahulu ke tempat yang lebih sepi agar bau kentut tidak mengganggu orang lain.(drsc)

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Artikel Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Video Pilihan: