Ahli Ungkap Manfaat Menangis Nonton Film Bagi Kesehatan

forumriau.com 20.3.17
forumriau.com
Senin, 20 Maret 2017


Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Oklahoma menyebutkan jika mereka yang menangis saat menonton film ternyata mampu mengeluarkan sisi emosionalnya secara sehat.

Apakah anda termasuk orang yang suka menghabiskan waktu untuk menonton film di akhir pekan? Kini, semakin banyak film berkualitas yang bisa menguras emosi sehingga kita pun akhirnya menangis tersedu-sedu.

Terkadang terlihat memalukan karena kita terlihat cengeng hanya gara-gara sebuah film, namun pakar kesehatan menyebutkan bahwa menangis saat menonton film ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan bagi psikologis. Seperti apakah manfaat kesehatan tersebut?

Tanpa disadari, jika anda melepaskan tangisan saat menonton film, anda juga melepaskan berbagai beban pikiran yang ada dalam otak. Hal ini ternyata bisa berimbas positif dalam hal menurunkan stress dalam tubuh.

Jennifer Barnes, PhD, seorang asisten professor psikologi dari universitas tersebut menyebutkan bahwa saat anda mengagumi seorang karakter di dalam film atau serial drama, maka bisa menurunkan rasa kesepian yang sedang melanda.

Bahkan, menurut beliau, hal ini membuat pikiran terhubung dengan karakter dalam film tersebut sehingga akhirnya ikut meningkatkan kecerdasan emosional.

Barnes berkata bahwa otak mausi ternyata tidak benar-benar mampu membedakan antara hubungan pada dunia nyata dengan dunia fiksi. Karena alasan inilah, kita merasa memiliki keterikatan atau dekat dengan karakter pada film atau serial yang kita ikuti. Rasa keterikatan ini ternyata juga ikut melatih kepekaan emosional kita pada orang lain.

Dalam penelitian ini, pakar kesehatan membagi partisipan penelitian menjadi dua kelompok. Salah satu kelompok memiliki serial favorit yang kerap ditonton dan kelompok lainnya tidak.

Hasilnya adalah, mereka yang rutin menonton serial favoritnya dan bahkan bisa menangis saat melihatnya cenderung lebih baik dalam mengenali emosi yang dimiliki oleh orang lain jika dibandingkan dengan mereka yang tidak menonton film atau serial.(drsc)

Thanks for reading Ahli Ungkap Manfaat Menangis Nonton Film Bagi Kesehatan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments