Misteri Emas Candi Baru Ditemukan di Prambanan

forumriau.com 8.3.16
forumriau.com
Selasa, 08 Maret 2016

Berisi emas, perak, dan biji-bijian, pripih yang ditemukan di kompleks Candi Prambanan menjadi temuan berharga. Yang membuatnya lebih istimewa lagi, pripih ditemukan di seluruh sudut mata angin.

"Ini luar biasa, biasanya pripih ditemukan di pusat Candi (hanya satu di tengah). Tapi ini di seluruh mata angin,"kata Kepala Seksi Perlindungan, Pengembangan, dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY Wahyu Astuti.ke wartawan di kantornya, Jalan Raya Yogya-Solo KM 15, Sleman, Selasa (8/3/2016). 

FORUMRIAU.COM: Selain di 8 penjuru mata angin, terdapat pula 2 pripih di tengah. Wahyu mengatakan, bisa jadi ini model pripih terbanyak yang pernah ditemukan di Indonesia untuk sebuah candi. Ditambah lagi, pripih ini milik candi perwara (candi pendamping), bukan candi utama.

"Biasanya (pripih) hanya ada satu di tengah dan bentuknya persegi empat, kalau yang sekarang kan persegi panjang,"kata Wahyu.

Di Prambanan, terdapat 224 candi perwara dan 2 di antaranya sudah dipugar oleh tim arkeolog dari Belanda. Candi perwara yang sedang diekskavasi tim BPCB DIY kali ini letaknya di sisi utara Prambanan, tepatnya di ring 3 nomor 35.

"Kami masih teliti, tapi ini interpretasi saya ya, benda-benda di dalamnya, emas, perak, biji-bijian merupakan simbol dari dewa-dewa yang disembah seperti dewa angin, dewa api," kata Kepala Seksi Perlindungan, Pengembangan, dan Pemanfaatan BPCB DIY Wahyu Astuti.

"Orang pada 1.100 tahun yang lalu rupanya memilih benda-benda ini (sebagai simbol)," imbuhnya.

Sebagai catatan, Candi perwara merupakan Candi pengiring yang letaknya mengelilingi Candi utama. Candi perwara merupakan persembahan dari para adipati saat itu kepada dewa. Diakui Wahyu, isi 10 pripih yang ditemukannya kali ini lebih lengkap dari pada pripih-pripih yang lain. Apalagi ini merupakan pripih Candi perwara, bukan pripih Candi utama. Jika pripih Candi utama, biasanya berisi emas, perak, biji-bijian, bahkan kuku dan rambut raja yang berkuasa saat itu.

Menurut arkeolog, Pripih merupakan jiwa dari sebuah Candi. Pripih biasanya ditanam di bawah pondasi candi. Di KBBI online, pripih diartikan sebagai azimat. Yang ditemukan di Prambanan berupa batuan putih berbentuk persegi panjang. Wadah dan tutupnya berukuran 39 cm x 21 cm dengan ketebalan 8 cm.***

sumber:detikcom

Thanks for reading Misteri Emas Candi Baru Ditemukan di Prambanan | Tags:

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »

Related Posts

Show comments