Lawan Tekanan Israel ke Palestina, Jokowi Ajak Semua Negara Islam Bersatu | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Lawan Tekanan Israel ke Palestina, Jokowi Ajak Semua Negara Islam Bersatu

http://www.forumriau.com/search/label/Pemerintah
Sejak awal kemerdekaan Indonesia, tekanan Israel terhadap Palestina sudah jadi komitmen Indonesia melakukan pembelaan. Ini janji bangsa Indonesia dari bapak Bangsanya presiden pertama Republik Indonesia (RI) Soekarno. Janji ini bahkan selama Palestina belum bebas dari intervensi selama itulah Indonesia harus membela.

FORUMRIAU.COM: Hal itu disampaikan presiden Joko Widodo saat membuka Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (KTT LB OKI) ke-5. Jokowi menegaskan sikap Indonesia untuk tetap memperjuangkan Palestina meraih kemerdekaannya.

"Pada tahun 1962, Bapak Bangsa Indonesia, Presiden Pertama Republik Indonesia, Soekarno, Bung Karno, menegaskan 'Selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel'. Kami bangsa Indonesia konsisten dengan janji tersebut,"kata Jokowi di Plenary Hall JCC Senayan, Jakarta, Senin (7/3/2016).

"Hari ini, Indonesia berdiri bersama dengan negara-negara OKI untuk meneruskan perjuangan yang belum selesai itu,"tegasnya.

Dalam kesempatan ini juga Jokowi mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi di Palestina saat ini. Di mana, Israel telah membatasi ruang gerak rakyat Palestina hingga menjadi tak berdaya.

"Banyak kebijakan sepihak dan ilegal, serta hukuman kolektif Israel semakin menyulitkan rakyat Palestina. Akses Umat Islam ke Masjid Al-Aqsa di Jerusalem juga dibatasi. Rakyat Palestina semakin tidak berdaya. Situasi kemanusiaan di wilayah-wilayah pendudukan semakin memburuk,"kata Jokowi dikutip detikcom.

Untuk itu, Jokowi mengajak seluruh negara Islam yang tergabung dalam OKI untuk senantiasa bersatu. Diharapkan dengan solidaritas yang kuat tersebut, rekonsiliasi bisa tercapai dalam waktu dekat. Bahkan, Indonesia dengan tegas menyatakan kesiapannya untuk memfasilitasi rekonsiliasi tersebut.

"Situasi tersebut harus bersama-sama kita hadapi, kita lawan. Untuk berjuang diperlukan kesatuan. Kita harus bersatu, Palestina harus bersatu, Palestina harus rekonsiliasi. Indonesia siap membantu proses rekonsiliasi ini,"tegasnya.***

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid
    Prof.DR.Yusril Ihza Mahendra.SH.MSc : Jadi sekali lagi, islam bukanlah sebuah ideologi.

    Ondeh..Pemko Pekanbaru Bayar Lahan Perkantoran ke Si Aseng Rupanya

    Lahan perkantoran Pemko Pekanbaru yang izinnya cacat hukum, rupanya dibeli ke si Aseng. Hal ini ditemukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) R...

    Video Pilihan: