Cegah Dampak ISPA Karena Asap, Begini Caranya | forumRiau.com - Berita Referensi Terkini

Cegah Dampak ISPA Karena Asap, Begini Caranya



Kemarin, paru-paru seorang bocah penuh asap jadi penyebab sakit dan kematiannya secara medis. Hasil medisnya membenarkan kondisi kekurangan oksigen akibat asap, memicu demam tinggi dan kejang-kejang Ramadhani Lutfi Aerli (9), harus meregang nyawa di RS Santa Maria, Pekanbaru.

Asap pekat berbahaya di papan ISPU itu memang bukan menyerang dia saja di Pekanbaru ini. Seantero kota juga 'menikmati' asap di waktu yang sama. Lalu kenapa anak dari Eri Erya ini  sendiri yang cepat terkena bahaya asap dan sampai merenggut nyawanya?

Ramadhani pelajar kelas 3 MIN 1 Pekanbaru ini menambah catatan buram dampak asap. Dia di urutan ketiga warga Pekanbaru yang meninggal dunia akibat bencana asap tahun ini di Riau.

Apa boleh buat, bertahan dan menjaga kesehatan dari ancaman asap ini adalah cara yang harus dilakukan. Berikut cara yang dapat diupayakan untuk mengurangi dampak asap:

1.Kurangi kegiatan yang membuat paru-paru dan otak butuh oksigen lebih banyak. Stop olah raga, stop main-main bagi anak-anak. Karena, semakin banyak gerak, paru-paru dan otak semakin butuh banyak oksigen, malah dapat racun dari udara yang tidak sehat.

2.Minum multi vitamin yang meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C dosis 500 atau 1000 mg, buah segar dan minum air putih secukupnya.

3.Jauhi bakaran sampah atau asap lainnya di lingkungan anda. Jangan membakar sampah. Jika perlu, padamkan bakaran sampah di lingkungan anda.

4.Gunakan masker jika terpaksa kegiatan diluar rumah. Tanpa masker, jika kondisi tubuh vit, maka dampak asap tidak intens pada anda.

5.Stop merokok, apalagi dalam ruangan yang ada anak-anak atau wanita hamil.

6.Jika diperlukan, istirahatlah di ruangan ber AC yang aman.

7.Segera berobat jika gejala ISPA mulai terasa di hidung dan tenggorokan anda. Dalam keadaan darurat, obat amoxillin dan paracetamol dapat membantu gejala radang ISPA.

8.Kiat paling aman adalah mengungsi ke daerah lain yang tidak terpapar asap.

Demikian 8 kiat mencegah Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dampak kabut asap level berbahaya. Semoga dapat jadi pertolongan pertama bagi anda dan keluarga tercinta.(Frc/SK)***

Gratis ikut di:

Bagi artikel ini:

Rekomendasi Google:

    Terbaru :

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid

    Pentingnya umat islam punya pilihan politik menuju Indonesia Bersyariat & Bertauhid
    Prof.DR.Yusril Ihza Mahendra.SH.MSc : Jadi sekali lagi, islam bukanlah sebuah ideologi.

    Ondeh..Pemko Pekanbaru Bayar Lahan Perkantoran ke Si Aseng Rupanya

    Lahan perkantoran Pemko Pekanbaru yang izinnya cacat hukum, rupanya dibeli ke si Aseng. Hal ini ditemukan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) R...

    Video Pilihan: